Jumat, 24 Juni 2011

POLA PENDIDIKAN BERKARAKTER

POLA PENDIDIKAN BERKARAKTER
(PROGRAM PENGASUHAN)

MENTHORING
Menthoring adalah sebuah sarana pembinaan dalam bentuk kelompok kecil (lebih kurang 10 orang) dalam asuhan 1 orang pembimbing.
Dalam upaya pembinaan seorang pembimbing memantau dari waktu kewaktu perkembangan kepribadian anak yang berada dalam kelompoknya dan merancang kegiatan untuk mencapai karakter siswa yang didinginkan oleh sekolah.
Kegiatan yang dirancang mencakup semua aspek kehidupan anak seperti agenda ibadah, social dan persaudaraan, kemandirian, keterampilan, refreshing dan lainnya.
Agenda menthoring secara umum adalah sebagai berikut:
1. Pertemuan pekanan
Dalam pertemuan ini siswa mendapatkan arahan tentang prilaku dan kebiasaan serta sikap mental yang harus dibangun dan dimiliki melalui materi-materi yang disampaikan oleh pembimbing.
Dalam pertemuan ini sekaligus siswa mengevaluasi diri dan dievaluasi oleh pembimbing tentang aktifitas ibadah dan agenda harian yang disepakati bersama mengacu pada visi misi sekolah.
Laporan pekanan
Hari Jam
Tanggal Tempat

Agenda harian
No Kegiatan Trgt Kode peserta
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12
1 Kehadiran (i/s/a) Cek
2 Tilawah 50hal
3 Shalat sunnah 25
4 Shalat malam 3x
5 Subuh berjama'ah di mesjid 7x
6 Shalat berjama'ah di masjid 35x
7 Shalat dhuha 5x
8 Zikir pagi petang 7
9 Puasa sunnah 1x
10 Berinfak 3x
11 Olah raga 60'
12 Kehadiran tahfizd 3x
13 Hafalan hadist Cek
14 Salam untuk selain siswa 7x
15 Membantu saudara 7x

Agenda pertemuan
Program Wktu Realisasi Keterangan
Tilawah 10'
Infak 5'
Kultum 5'
Materi 25'
Diskusi 15’
Program 10’
Serba serbi 10’
Penutup 5'

Dalam pertemuan ini pembimbing memantau titik lemah aktifitas anak dan bisa menjadikan agenda tersebut sebagai prioritas untuk pekan selanjutnya dengan cara yang disepakati.
Dalam pertemuan ini juga kelompok membuat agenda persemester diantaranya seperti agenda buka puasa bersama, shalat malam bersama, refreshing (renang, masak bersama, jalan-jalan, nonton bersama) dan lainnya.

2. Agenda bulanan
Shalat malam bersama, I’tikaf (malam bina iman dan taqwa), buka puasa bersama.

3. Agenda semesteran
Refresing ( jalan-jalan, masak bersama, nonton film perjuangan atau pembangunan karakter sep; laskar pelangi, alangkah lucunya negeri ini, emak naik haji dan lainnya)

4. Agenda tahunan
Sosial seperti membukakan orang yang berpuasa di bulan ramadhan (ta’jil), perkemahan, hiking, out bond, solidaritas bencana alam, I’tikaf ramadhan.

Sebagian agenda pembinaan ini di dukung oleh peraturan asrama yang berjalan seiring untuk mewujutkan karakter siswa yang diinginkan. Diantaranya agenda:
• Shalat fardhu 5 waktu berjama’ah
• Tilawah alquran min 1 hal setiap selesai shalat wajib berjama’ah.
• Zikir setelah shalat bersama setelah shalat isya saja.
• Zikir petang bersama setiap hari menjelang maghrib,
• Shalat malam bersama setiap malam minggu,
• Puasa sunnah bersama setiap kamis,
• Setoran hafalan 1 hal perpekan dalam 3x pertemuan (angsuran).


PROGRAM AL QURAN (Halaqah Qur’an)
Halaqah Qur’an adalah sebuah kelompok yang terdiri dari 10 orang siswa dengan satu orang pembimbing untuk mendampingi dan membina hafalan siswa untuk mencapai target hafalan yang ditetapkan oleh sekolah. Pembimbing bertanggungjawab untuk membina dan memotifasi siswa untuk menuntaskan target minimal hafalan Quran. Selain itu pembimbing sekaligus memperbaiki bacaan siswa yang salah saat menyetorkan target hafalan 1 halaman dalam 3 x pertemuan sepekan.
Berawal dari hadits Rasulullah yang mengatakan
عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ الَّذِي لَيْسَ فِي جَوْفِهِ شَيْءٌ مِنْ الْقُرْآنِ كَالْبَيْتِ الْخَرِبِ .قَالَ هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ
Dari Ibnu Abbas berkata, Bersabda Rasulullah SAW, sesungguhnya orang yang tidak ada sedikitpun Al Quran dalam hatinya maka ia seperti rumah yang rusak. HR Tirmizi
Maka setiap siswa di Perguruan Islam Ar Risalah diharuskan menghafal Al Quran 5 juz dalam 6 tahun (SMP 2,5 juz + MA 2,5 juz). Untuk mencapai target ini dibuatlah sistem evaluasi berkala 3 kali dalam semester dengan rincian sebagai berikut:
Program Inti
 Setoran hafalan 1 halaman perpekan/ 5 baris setiap pertemuan pekanan 3x.
 Evaluasi dua bulan ke 1 (Ujian Harian 1) untuk 2 lembar pertama. (25 poin)
 Evaluasi dua bulan ke 2 (Ujian Harian 2) untuk 2 lembar berikutnya. (25 Poin)
 Evaluasi semester (Ujian Semester) untuk 5 lembar kewajiban hafalan. (30 Poin)
 Evaluasi akhir sekolah (2,5 juz untuk SMP dan 5 juz untuk MA) sebagai syarat lulus dan pengambilan ijazah.
 Total nilai Quran 80 poin + 20 nilai akhlaq = 100 poin.
Program penunjang
 Tilawah quran min 1 halaman setiap selesai shalat wajib.
 Tasmi’ hafalan pertingkat setiap malam minggu.
 Tahsin/ memperbaiki bacaan Quran setelah subuh.
 Musabaqah hifzil quran internal kategori 1juz, 2 juz, 3 juz.
 Musabaqah hifzil quran tahuan seSumatera Barat kategori 5 dan 10 juz.
 Wisuda penghafal Quran 5 juz keatas.
 Reward bebas SPP bagi yang hafal 30 Juz
 Reward discount SPP bagi yang hafal diatas 10 juz

PEMBINAAN DAN PENILAIAN AKHLAQ
Prilaku dan akhlaq keseharian menjadi bagian aspek yang dinilai untuk mengukur sejauh mana karakter yang diinginkan sudah di amalkan oleh siswa. Untuk itu sekolah memberikan 20 poin dari 100 poin untuk nilai akhlaq yang pada akhirnya di gabungkan dengan setiap bidang studi.
20 poin ini dibagi menjadi 3 bagian:
1. 10 poin berasal dari penilaian guru bidang studi terhadap kehadiran, respon, keaktifan dan akhlaq siswanya.
2. 2 poin berasal dari penilaian wali kelas terhadap tanggung jawab dan prilaku siswanya.
3. 8 poin berasal dari penialain pembina asrama terhadap akhlaq keseharian siswanya.
4. Total nilai akhlaq = 20 poin yang akan digabungkan dengan nilai bidang studi 80 poin (25 poin UH1 + 25 poin UH2 + 30 poin UAS) 

EVALUASI HARIAN KEASRAMAAN
PENGASUHAN PERGURUAN ISLAM AR RISALAH 2010-2013

Janaah : ______________________
Nama Siswa : ______________________
Minggu/Bulan : ______________________

No Cermin Diriku Sn Sl Rb Km Jm Sb Mg Total
I Ibadahku
1 Shalat fardhu tepat waktu dan berjamaah di mesjid*
2 Pakaian shalat lengkap (koko/kemeja dan peci)
3 Shalat sunah rawatib lengkap*
4 Ikut al zikir sore pukul 18.10 di mesjid
5 Mengikuti tahfidz qur'an
6 Tilawah 5 halaman / hari*
7 Mengikuti kultum dengan tertib
II Kedisiplinanku
8 Sudah bangun pagi sebelum pukul 04.30 WIB
9 Mandi pagi dan sore pada jam mandiri
10 Makan pagi, siang dan sore sesuai jadwal makan
11 Berangkat sekolah pukul 06.45 WIB
12 Disiplin berbahasa Arab atau Inggris
13 Piket asrama & rantang dengan disiplin, bersih dan rapi
14 Masuk dan keluar asrama seizin musyrif
15 Menstrika pakaian pada jadwal mandiri
16 Belajar mandiri pukul 20.30-21.45 WIB di asrama masing-masing
17 Sudah tidur malam sebelum pukul 22.15 WIB
III Adab Mu'amalahku/Akhlakku
18 Pamit kepada musyrif sebelum ke sekolah
19 Berbicara dengan sopan santun kepada musyrif & teman
20 Menyapa dan mengucapkan salam kepada tamu
21 Memanggil teman dengan panggilan yang baik
22 Makan dan minum dalam keadaan duduk
23 Hanya membaca bacaan dan mendengarkan nyayian Islami
IV Kebersihan dan Kerapianku
24 Membuang sampah pada tempatnya
25 Berpakaian bersih, rapi dan Islami
26 Sandal dan sepatu rapi di tempatnya
27 Merapikan kasur dan barang di bawahnya
28 Merapikan isi, di atas dan di bawah lemari

Cara Pengisian :
(√) melaksanakan
(-) tidak melaksanakan
* No 1, 3, dan 6 dituliskan angkanya
_____________________
Nama dan Tanda Tangan

Catatan Musyrif :





RAPOR DESKRIPSI AKHLAK SISWA
Semester I, TA 2010/2011
Nama :
Kelas / Asrama :

No Akhlak Evaluasi Komentar & Saran
A B C D
1 Ibadah
a. Shalat Berjamah
b. Shalat Sunnah
c. Tilawah Al Qur'an
d. Puasa Sunnah
e. Zikir Pagi & Petang

2 Kedisiplinan
a. Komitmen Berbahasa Asing
b. Tugas Piket Asrama
c. Berangkat Kesekolah
d. Berangkat Ke Mesjid
e. Kunjungan 2 Pekanan
f. Kedatangan Setelah Libur

3 Adab dan Muamalah
a. Kepada Ustadz/Ustadzah
b. Kepada Teman
c. Kepada Orang Umum

4 Kebersihan dan Kerapian
a. Penjagaan Thd Brg Pribadi
b. Penjagaan Thd Brg Milik Umum
c. Kerapian Kamar
d. Penampilan Pribadi

Keterangan :
A = Baik Sekali
B = Baik
C = Kurang
D = Kurang Sekali
Padang, ________________________
Musyrif Asrama .........................................


_________________________________________
(Nama dan Tanda Tangan)





8 karakter siswa yang diinginkan

1. Beraqidah lurus
Indikator yang diinginkan
A. SMP
a. Mengimani rukun iman
b. Ikhlas dalam beramal
c. Mensyukuri nikmat allah
d. Menjadikan syetan sebagai musuh
e. Tidak berhubungan dengan jin
f. Tidak percaya kepada perdukunan
B. MA
a. Bertauhid kepada allah swt dalam rububiyyah, uluhiyyah serta asma’ dan sifatnya
b. Tidak menyekutukan allah swt, tidak dalam asma'-nya, sifat-nya dan af'al-nya
c. Tidak meminta berkah dengan mengusap-usap kuburan
d. Tidak mendahulukan makhluk atas khaliq
e. Tidak mengkafirkan seorang muslim
f. Mengingkari orang-orang yg memperolok-olokkan ayat-ayat allah swt & tidak bergabung dlm majelis mereka
g. Mengetahui batasan loyalitas dalam berteman
h. Berusaha meraih rasa manisnya beribadah

2. Beribadah benar
Indikator yang diinginkan
A. SMP
a. Ihsan dalam thaharah, shalat dan shaum
b. Hafal juz ‘amma dan tilawah 5 hal/hari
c. Qiyamullail 2 kali dalam sepekan
d. Menjauhi dosa besar
e. Hafal juz 1 dan tilawah dengan baik
f. Tidak malu untuk adzan
B. MA
a. Qiyamullail 2x dalam sepekan
b. Berpuasa sunat minimal 2x sebulan
c. Bersedekah dengan hartanya
d. Hafal juz 2 dengan tartil
e. Banyak bertaubat
f. Amar ma’ruf dan nahi munkar
g. Tilawah minimal ½ juz sehari
h. hafal juz 3 dengan tartil

3. Berakhlak mulia
Indikator yang diinginkan
A. SMP
a. Tidak berbohong dan berghibah
b. Tidak ikut-ikutan
c. Tidak mencaci-maki
d. Tidak takabbur
e. Tidak mengadu domba
f. Birrul walidain
g. Berteman dengan orang baik
B. MA
a. Malu berbuat kesalahan
b. Berhubungan baik dengan tetangga
c. Pemberani
d. Menjenguk orang sakit
e. Menjawab salam dengan baik
f. Tidak membangkang/keras kepala (inad)
g. Tidak iri dan dengki
h. Berterimakasih kepada orang yang berbuat baik terhadapnya
i. Memuliakan tamu


4. berwawasan luas
Indikator yang diinginkan
A. SMP
1. Baik dalam bicara dan menulis
2. Mengetahui fase dakwah di makkah
3. Menghafal 20 hadits pilihan
4. Mengenal 10 sahabat yang masuk surga
5. Mengetahui ghazwul fikri
6. Berpartisipasi dalam kerja jama’i
B. MA
a. Mengenal sirah 20 syuhada’ sahabat
b. Mengetahui hukum zakat
c. Mengetahui problematika umat islam
d. Mengkaji periode dakwah rasul di makkah dan madinah
e. Memahami fiqh haji
f. Mengetahui kerugian dunia akibat kemunduran muslimin
g. Mengetahui urgensi kesatuan umat islam

5. Berbadan sehat
Indikator yang diinginkan
A. SMP
a. Bersih badan, pakaian dan tempat tinggal
b. Berolah raga 2 jam dlm sepekan
c. Bangun sebelum adzan shubuh
d. Mengkosumsi makanan yang sehat dan bergizi
e. Komitmen dengan adab makan dan minum
B. MA
a. Membersihkan peralatan makan dan minumnya
b. Tidur dan bangun sesuai petunjuk kesehatan
c. Berolahraga minimal 2 jam dalam sepekan
d. Mampu menyiapkan makanan
e. Tidur rata-rata 6 – 8 jam sehari
f. Bangun sebelum fajar

6. Terampil
Indikator yang diinginkan
A. SMP
1. Penampilan yang rapi dan bersih
2. Disiplin dengan peraturan
3. Bersemangat dalam belajar
4. Memiliki jadwal dan agenda beraktifitas
5. Tepat waktu dan janji
B. MA
a. Teratur di dalam rumah dan kerjanya
b. Menertipkan ide dan gagasannya
c. Shalat menjadi barometer manajemen waktunya
d. Memberitahu pengasuhnya tentang problematikanya

7. Mandiri
Indikator yang diinginkan
A. SMP
1. Rapi dalam mencuci dan menyetrika pakaian
2. Menabung dan berhemat dalam belanja
3. Menjauhi tempat maksiat
4. Menjauhi segala yang haram
5. Tidak cengeng dan manja
B. MA
a. Sedang (sederhana) dalam belanja dan nafkah
b. Menjaga kepemilikan umum dan khusus
c. Berusaha memiliki spesialisasi
d. Mengutamakan produk umat islam


8. Bermanfaat
Indikator yang diinginkan
B. SMP
1. Menunaikan hak orang tua
2. Membantu teman sekamarnya
3. Menghormati tamu
4. Berinfak untuk perjuangan islam
5. Mengajarkan ilmunya kpd orang lain
C. MA
a. Membantu orang yang membutuhkan
b. Mendoakan orang yang bersin
c. Memberi hadiah kepada tetangganya
d. Menolong yang terzhalimi
e. Membantu saudaranya yang sakit



Penerapan Karakter
1. Memiliki kontribusi 8 poin untuk nilai 100 poin nilai rapor
2. Program pembinaan secara umum dibagi menjadi 4 klasifikasi
Harian
a. Shalat berjama’ah 5 waktu
b. Zikir petang bersama
c. Tilawah Quran 1 hal minimal setelah shalat
d. Zikir setelah shalat
Pekanan
a. Menthoring
b. Shalat malam bersama
c. Puasa sunnah Kamis
d. Ceramah agama senin malam
e. Buka puasa sunnah bersama
f. Refresing bersama
g. Hiking
h. Pengabdian masyarakat
i. Out bond
j. Memberikan perbukaan ramadhan (ta’jil)
k. Solidaritas social (bencana alam, penjajahan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar