Sabtu, 01 Juni 2013

SILABUS PAQ

SILABUS PEMBELAJARAN Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Gunung Talang. Mata Pelajaran : Pendidikan Al Qur’an (PAQ) Kelas / Semester : XII / 1 Standar Kometensi : 1. Menghindari perilaku melalaikan shalat Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Nilai Budaya & Karakter Bangsa Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif Kegiatan Pembelajaran Indikator Penca-paian Kompetensi Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar Membaca secara murattal dan menulis khath naskhi ayat-ayat Al-Qur’an mengenai perilaku melalaikan shalat QS. Al-Ma’un/ : 1-7 dan QS. Al-Muddatstsir : 42-43. Mencontohkan cara menghindari perilaku melalaikan shalat QS. Al-Ma’un : 1-7 dan QS. Al-Muddatstsir: 42-43). Menjelaskan ayat-ayat Al-Qur’an mengenai perilaku melalaikan shalat (QS. Al-Ma’un/ 107: 1-7 dan QS. Al-Muddatstsir/ 74: 42-43). Mencontohkan cara menghindari perilaku melalaikan shalat Menjelaskan ayat-ayat Al-Qur’an mengenai perilaku melalaikan shalat QS. Al-Ma’un/ 107: 1-7 dan QS. Al-Muddatstsir/ 74: 42-43 Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Percaya diri (keteguhan hati, optimis). Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan) Membaca secara murattal dan menulis khath naskhi ayat-ayat Al-Qur’an mengenai perilaku melalaikan shalat (QS. Al-Ma’un/107: 1-7 dan QS. Al-Muddatstsir/74: 42-43). Menjelaskan ayat-ayat Al-Qur’an mengenai perilaku melalaikan shalat (QS. Al-Ma’un/ 107: 1-7 dan QS. Al-Muddatstsir/ 74: 42-43). Mencontohkan cara menghindari perilaku melalaikan shalat Mampu Membaca secara murattal dan menulis khath naskhi ayat-ayat Al-Qur’an mengenai perilaku melalaikan shalat (QS. Al-Ma’un/107: 1-7 dan QS. Al-Muddatstsir/74: 42-43). Menjelaskan ayat-ayat Al-Qur’an mengenai perilaku melalaikan shalat (QS. Al-Ma’un/ 107: 1-7 dan QS. Al-Muddatstsir/ 74: 42-43). Mencontohkan cara menghindari perilaku melalaikan shalat Jenis tagihan: Tugas individu Bentuk instrumen: Lembar Pengamatan 2 jam - Al-Qur’an dan terjemah. - Buku PAQ untuk SMA Kelas XII, - Buku-buku yang relevan. Mengetahui Kepala Sekolah MILBUSRI, S.Pd, MM NIP.196210051985121002 Cupak , Juli 2013 Guru Mata Pelajaran, Drs. ALI IMRAN NIP. 196012111989031006 SILABUS PEMBELAJARAN Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Gunung Talang. Mata Pelajaran : Pendidikan Al Qur’an (PAQ) Kelas / Semester : XII / 1 Standar Kometensi : Memahami isi ayat-ayat Al-Qur’an mengenai nafsu manusia Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Nilai Budaya & Karakter Bangsa Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif Kegiatan Pembelajaran Indikator Penca-paian Kompetensi Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar Membaca secara murattal dan menulis khath naskhi ayat-ayat Al-Qur’an mengenai macam-macam nafsu manusia (Qs. Al-Fajr/89: 1-30; Yusuf/ 12: 53; dan Al-Qiyamah/75: 2) Menjelaskan ayat-ayat Al-Qur’an mengenai macam-macam nafsu manusia Qs. Al-Fajr: 1-30; Yusuf: 53; dan Al-Qiyamah :2 Qs. Al-Fajr: 1-30; Yusuf/ 12: 53; dan Al-Qiyamah: 2 Menjelaskan ayat-ayat Al-Qur’an mengenai macam-macam nafsu manusia Qs. Al-Fajr: 1-30; Yusuf/ 12: 53; dan Al-Qiyamah: 2  Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan) • Membaca secara murattal dan menulis khath naskhi ayat-ayat Al-Qur’an mengenai macam-macam nafsu manusia (Qs. Al-Fajr/89: 1-30; Yusuf/ 12: 53; dan Al-Qiyamah/75: 2) • Menjelaskan ayat-ayat Al-Qur’an mengenai macam-macam nafsu manusia (Qs. Al-Fajr/89: 1-30; Yusuf/ 12: 53; dan Al-Qiyamah/75:2) • Membaca secara murattal dan menulis khath naskhi ayat-ayat Al-Qur’an mengenai macam-macam nafsu manusia (Qs. Al-Fajr/89: 1-30; Yusuf/ 12: 53; dan Al-Qiyamah/75: 2) • Menjelaskan ayat-ayat Al-Qur’an mengenai macam-macam nafsu manusia (Qs. Al-Fajr/89: 1-30; Yusuf/ 12: 53; dan Al-Qiyamah/75:2) Jenis tagihan: Tugas individu Ulangan Bentuk instrumen: Uraian singkat 2 jam - Al-Qur’an dan terjemah. - Buku PAQ untuk SMA Kelas XII, - Buku-buku yang relevan.. Mengetahui Kepala Sekolah MILBUSRI, S.Pd, MM NIP.196210051985121002 Cupak , Juli 2013 Guru Mata Pelajaran, Drs. ALI IMRAN NIP. 196012111989031006 SILABUS PEMBELAJARAN Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Gunung Talang. Mata Pelajaran : Pendidikan Al Qur’an (PAQ) Kelas / Semester : XII / 1 Standar Kometensi : Memahami isi ayat-ayat Al-Qur’an mengenai tazkiyatun nafs Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Nilai Budaya & Karakter Bangsa Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif Kegiatan Pembelajaran Indikator Penca-paian Kompetensi Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar • Membaca secara murattal, menghafal dan menulis khath naskhi ayat-ayat Al-Qur’an mengenai tazkiyatun nafs QS. Al-A’la/87: 1-19 dan Asy-Syams/91. 1-15). Menjelaskan ayat-ayat Al-Qur’an mengenai tazkiyatun nafs QS. Al-A’la 1-19 dan Asy-Syams: 1-15. • QS. Al-A’la/87: 1-19 dan Asy-Syams 1-15. • Menjelaskan ayat-ayat Al-Qur’an mengenai tazkiyatun nafs QS. Al-A’la 1-19 dan Asy-Syams: 1-15.  Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan) • Membaca secara murattal, menghafal dan menulis khath naskhi ayat-ayat Al-Qur’an mengenai tazkiyatun nafs (QS. Al-A’la/87: 1-19 dan Asy-Syams/91. 1-15). • Menjelaskan ayat-ayat Al-Qur’an mengenai tazkiyatun nafs (QS. Al-A’la/ 87: 1-19 dan Asy-Syams/91: 1-15). • Membaca secara murattal, menghafal dan menulis khath naskhi ayat-ayat Al-Qur’an mengenai tazkiyatun nafs (QS. Al-A’la/87: 1-19 dan Asy-Syams/91. 1-15). • Menjelaskan ayat-ayat Al-Qur’an mengenai tazkiyatun nafs (QS. Al-A’la/ 87: 1-19 dan Asy-Syams/91: 1-15). Jenis Tagihan: Tugas individu Bentuk instrumen: Lembar pengamatan 2 jam - Al-Qur’an dan terjemah. - Buku PAQ untuk SMA Kelas XII, - Buku-buku yang relevan. Mengetahui Kepala Sekolah MILBUSRI, S.Pd, MM NIP.196210051985121002 Cupak , Juli 2013 Guru Mata Pelajaran, Drs. ALI IMRAN NIP. 196012111989031006  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar