Minggu, 16 Januari 2011

LKS PAI KLS XII

LEMBARAN KERJA SISWA ( 1 )

QS.AL-KAAFIRUUN : 1-6, QS.YUNUS : 40-41
DAN QS.AL-KAHFI : 29

I. Standar Kompetensi :
Memahami ayat-ayat Al-Quran tentang bertoleransi

II. Kompetensi Dasar :
Membaca QS.Al-Kaafiruun : 1-6, QS.Yunus : 40-41 dan Al-Kahfi : 29
Mengartikan QS.Al-Kaafiruun : 1-6, QS.Yunus : 40-41 dan Al-Kahfi : 29
Menyimpulkan kandungan yang terdapat dalam QS.Al-Kaafiruun : 1-6, QS.Yunus : 40-41
dan Al-Kahfi : 29

III. Indikator :
3.1. Membaca QS. Al-Kaafiruun : 1-6, QS.Yunus : 40-41 dan Al-Kahfi : 29 dengan benar
dan fasih
3.2. Mengidentifikaskan tajwid QS.Al-Kaafiruun : 1-6, QS.Yunus : 40-41 dan Al-Kahfi :
29
3.3 Menjelaskan arti QS.Al-Kaafiruun : 1-6, QS.Yunus : 40-41 dan QS.Al
Kahfi : 29
2.4. Membiasakan perilaku bertoleransi seperti yang terkandung dalam
QS.Al-Kaafiruun :1-6, QS.Yunus : 40-41 dan QS.Al-Kahfi : 29

IV. MATERI

Q.S AL-KAAFIRUUN : 1-6
















Q.S YUNUS : 40-41






Q.S AL KAHFI : 29






TUGAS

TAJWID

POTONGAN AYAT HUKUM BACAAN CARA MEMBACA ALASAN
mad wajib muttasil
MAD Thabi’i dibaca panjangnya 2 – 5 harkat
dicaca panjangnya 2 harkat Mad Thabi’i bertemu dengzn hamzah dalam sati kata
huruf ha diikuti oleh alif










ARTI

POTONGAN AYAT ARTI
Katakanlah




















MAKSUD

POTONGAN AYAT MAKSUD








PERTANYAAN

1. Bacalah QS.Yunus : 40-41 dengan benar
2. Sebutkan 5 contoh hukum nun mati atau tanwin yang terdapat dalam
QS.Yunus ayat 40-41
3. Sebutkan 3 contoh alif lam yang terdapat dalam QS.Al-Kahfi : 29

4.Sebutkan 4 contoh hukum mim mati yang terdapat dalam QS.Yunus : 40-41
5.Identifikasikan tajwid ayat berikut !


. 6. Terjemahkan dengan benar QS.Yunus : 41
7. Jelaskan Asbabun nuzul QS.Al-Kaafiruun : 1-6
8 Apakah arti dari potongan-potongan ayat berikut :
-
-
9.. “ aku sembah “ adalah arti dari ….
10. “ telah kami sediakan “ adalah arti dari ….
11. “ tempat istirahat yang paling jelek “ adalah arti dari ….
12. “ diantara mereka “ adalah arti dari ….
13 Jelaskan maksud potongan ayat berikut :

































LEMBARAN KERJA SISWA ( 2 )

QS.AL-MUJADALAH : 11 DAN QS.AL-JUMU’AH : 9-10

I. Standar Kompetensi :
Memahami ayat- ayat Al-Quran tentang etos kerja

II. Kompetensi Dasar :
2.1. Membaca QS.Al-Mujadalah : 11 dan QS.Al-Jumu’ah : 9-10
2.2 Menjelaskan arti QS.Al-Mujadalah : 11 dan QS.Al-Jumu’ah : 9-10
2.3 Menyimpulkan kandungan QS.Al-Mujadalah : 11 dan QS.Al-Jumu’ah : 9-10
2.3. Membiasakan perilaku ber etos kerja seperti yang terkandung dalam
QS.Al Mujadalah : 11 dan QS.Al-Jumu’ah : 9-10

III. Indikator :
3.1. Menyebutkan arti mufradat QS.Al-Mujadalah : 11 dan QS.Al-Jumu’ah :
9-10
3.2. Menterjemahkan QS.Al-Mujadalah : 11 dan QS.Al-Jumu’ah : 9-10
3.3. Menyimpulkan kandungan QS.Al-Mujadalah : 11 dan QS.Al-Jumu’ah :
9-10
3.4. Membiasakan diri bersikap kerja keras dalam kehidupan sehari-hari


IV. MATERI

QS.AL-MUJADALAH : 11




QS.AL-JUMU’AH : 9-10





TUGAS
TAJWID

POTONGAN AYAT HUKUM BACAAN CARA MEMBACA ALASAN
Ikhfa hakiki
Mad thabi’i Nun mati bertemu dengan huruf fa
Dommah diikuti huruf waw sukun








ARTI

POTONGAN AYAT ARTI
















MAKSUD

POTONGAN AYAT MAKSUD












PERTANYAAN

1.
Hukum bacaan yang terdapat pada potongan ayat tersebut adalah …
2.
Hukum bacaan yang terdapat pada potongan ayat tersebut adalah....

3.
Hukum bacaan yang terdapat pada potongan ayat tersebut adalah....
4.
Hukum bacaan yang terdapat pada potongan ayat tersebut adalah....
5.
Hukum bacaan yang terdapat pada potongan ayat tersebut adalah....
6.
Hukum bacaan yang terdapat pada potongan ayat tersebut adalah....
7.
Hukum bacaan yang terdapat pada potongan ayat tersebut adalah....
8.
Hukum bacaan yang terdapat pada potongan ayat tersebut adalah....

. 9.
Hukum bacaan yang terdapat pada potongan ayat tersebut adalah....
10. .
Hukum bacaan yang terdapat pada potongan ayat tersebut adalah....

11. .
Hukum bacaan yang terdapat pada potongan ayat tersebut adalah....
12. .
Hukum bacaan yang terdapat pada potongan ayat tersebut adalah....


13. Terjemahkan QS.Al-Mujadalah : 11 dengan benar !
14. Terjemahkan QS.Al-Jumu’ah : 9 dengan benar !
15. Sebutkan potongan ayat yang artiNya “ Allah mengangkat orang
orang yang beriman dan orang-orang yang berilmu diantara kamu
beberapa derajat “ !
16. Sebutkan arti potongan ayat berikut !

17. Sebutkan isi kandungan QS.Al-Jumu’ah : 10
18. Bacalah QS.Al-Mujadalah : 11 dengan benar !
19. Sebutkan 3 contoh hukum mim mati yang terdapat dalam QS.Al Jumu’ah : 9 !
20. Sebutkan 5 hukum nun mati atau tanwin yang terdapat dalam QS.Al Jumu’ah :
9-10
21. Sebutkan 2 contoh mad ‘arid lissukun yang terdapat dalam QS.Al Jumu’ah :9-10 !
22. Identifikasikan potongan ayat berikut :

23. Sebutkan kandungan QS.Al-Mujadilah : 11 !












LEMBARAN KERJA SISWA ( 3 )
IMAN KEPADA HARI AKHIR

I. Standar Kompetensi :
Meningkatkan keimanan kepada hari akhir

II. Kompetensi Dasar :
Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada hari akhir

III. Indikator :
3.1 Menjelaskan pengertian iman kepada hari akhir
3.2 Menjelaskan proses-proses dan tahapan-tahapan hari akhir
3.3 Menjelaskan hikmah beriman kepada hari akhir
3.4 Mengemukakan contoh perilaku beriman kepada hari akhir
3.5 Menerapkan iman kepada hari akhir dalamkehidupan sehari-hari

IV. MATERI


QS.ALI-IMRAN AYAT 185 :




.
QS.AZ-ZALZALAH : 1-6,








QS.AL-QARI’AH : 1-5


At- Takwir : 1-5



Artinya :
Apabila matahari digulung(1) dan apabila bintang-bintang berjatuhan(@) dan apabila gunung-gunung dihancurkan(3) dan apabila unta-unta yang bunting ditinggalkan (4)
dan apabila binatang-binatang liar dikumpulkan(5)



TUGAS


KELOMPOK

MATERI YANG DIBAHAS
HASIL DISKUSI
I pengertian iman kepada hari akhir
proses-proses dan tahapan-tahapan hari akhir
hikmah beriman kepada hari akhir

II hikmah beriman kepada hari akhir
contoh perilaku beriman kepada hari akhir
iman kepada hari akhir dalamkehidupan sehari-hari




PERTANYAAN

1. Sebutkan 2 macam kiamat serta artinya !
2. Lafazkan sebuah ayat tentang kiamat sughra !
3. Jelaskan peristiwa kiamat menurut ilmu anstronomi !
4. Sebutkan 5 proses hari akhir serta artinya !
5. Sebutkan 4 hikmah beriman kepada hari akhir !
6. Sebutkan 4 contoh perilaku beriman kepada hari akhir !
7. Sebutkan 5 orang yang mendapatkan naungan dari Allah swt
di akhirat kelak !























LEMBARAN KERJA SISWA ( 4 )

ADIL, RIDHA DAN AMAL SHALEH

I. Standar Kompetensi :
Membiasakan perilaku terpuji

II. Kompetensi Dasar :
2.1 Menjelaskan pengertian adil, ridha dan amal shaleh
2.2 Menampilkan contoh perilaku adil, ridha dan amal shaleh
2.2. Membiasakan perilaku adil, ridha dan amal shaleh dalam kehidupan
sehari-hari

III. Indikator
3.1.Menjelaskan pengertian adil, ridha dan amal shaleh secara etimologi
dan terminologi
3.2.Mengemukakan dalil-dalil tentang perintah bersikap adil, ridha dan
amal shaleh
3.3 Menjelaskan keutamaan adil, ridha dan amal shaleh
3.4 Menampilkan contoh perilaku adil, ridha dan amal shaleh
3.5 Membiasakan perilaku adil, ridha dan amal shaleh dalam kehidupan
sehari-hari

IV. MATERI

ADIL

QS.An-Nahl : 90



Artinya : Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan.
Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.


QS.An-Nisa’ : 135









Artinya :
Wahai orang-orang yang beriman, jadilah kamu orang yang benar-benar penegak
keadilan, menjadi saksi karena Allah biarpun terhadap dirimu sendiri atau ibu bapa dan
kau kerabatmu. Jika ia[361] kaya ataupun miskin, maka Allah lebih tahu kemaslahatannya.
Maka janganlah kamu mengikuti hawa nafsu karena ingin menyimpang dari kebenaran.
Dan jika kamu memutar balikkan (kata-kata) atau enggan menjadi saksi, maka
sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui segala apa yang kamu kerjakan.

QS.Al Maidah : 8



Artinya :
Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.


RIDHA

QS.At-Taubah : 59



Artinya : Jikalau mereka sungguh-sungguh ridha dengan apa yang diberikan Allah dan
RasulNya kepada mereka, dan berkata: "Cukuplah Allah bagi kami, Allah akan memberikan
sebagian dari karunia-Nya dan demikian (pula) Rasul-Nya, sesungguhnya kami adalah orang
orang yang berharap kepada Allah," (tentulah yang demikian itu lebih baik bagi mereka).

AL BAYYINAH AYAT 8

Artinya:
Balasan mereka di sisi Tuhan mereka ialah syurga 'Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah ridha terhadap mereka dan merekapun ridha kepadaNya. Yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang yang takut kepada Tuhannya.


AMAL SHALEH

QS.Al-Baqarah : 82





Artinya : Dan orang-orang yang beriman serta beramal saleh, mereka itu penghuni
Surga. mereka kekal di dalamnya

QS.An-Nahl : 97







Artinya : Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan
dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan
yang baik[839] dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan
pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.


TUGAS



KELOMPOK

MATERI YANG DIBAHAS
HASIL DISKUSI
I adil, ridha dan amal shaleh secara etimologi dan terminologi
dalil-dalil tentang perintah bersikap adil, ridha dan amal shaleh
keutamaan adil, ridha dan amal shaleh
II contoh perilaku adil, ridha dan amal shaleh
Membiasakan perilaku adil, ridha dan amal shaleh dalam kehidupan sehari-hari


PERTANYAAN
1. Apa yang dimaksud dengan adil ?
2. Sebutkan sebuah ayat tentang perintah bersikap adil !
3. Apa yang dimaksud dengan bijaksana ?
4. Apa yang dimaksud dengan ridha ?
5. Apa yang dimaksud dengan amal shaleh ?
6. Sebutkan dali naqli tentang perintah beramal shaleh !

7.

Maksud potongan ayat tersebut adalah ....
8. Sebutkan manfaat adil dalam kehidupan !
9. Sebutkan 3 hal yang merusak nilai amal shaleh !



LEMBARAN KERJA SISWA ( 5 )

MUNAKAHAT

I. Standar Kompetensi :
Memahami hukum Islam tentang hukum keluarga

II. Kompetensi Dasar :
Menjelaskan ketentuan hukum perkawinan dalam Islam

III. Indikator :
3.1. Menjelaskan pengertian nikah secara ringkas
3.2. Menjelaskan secara ringkas hukum-hukum nikah
3.3. Menjelaskan 5 tujuan nikah dan melafazkan QS.Ar-Ruum : 21 tentang tujuan nikah
3.4. Menjelaskan 5 rukun nikah dan syarat-syaratnya
3 Menjelaskan ketentuan hukum perkawinan dalam Islam
2.2. Menjelaskan hikmah perkawinan
2.3. Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di
Indonesia.5. Menjelaskan kewajiban-kewajiban suami / istri


IV. Materi


Q.S AR RUM : 21



Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.









TUGAS



KELOMPOK

MATERI YANG DIBAHAS
HASIL DISKUSI
I pengertian nikah
hukum nikah
rukun nikah dan syaratnya
tujuan nikah
II tujuan nikah
hikmah perkawinan
kewajiban suami istri
III talak, rujuk dan iddah
IV ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia.


PERTANYAAN
1. Jelaskan pengertian nikah menurut syari’at Islam !
2. Jelaskan 5 hukum nikah !
3. Sebutkan 5 tujuan nikah !
4. Jelaskan 5 rukun nikah dan syarat-syaratnya !
5. Sebutkan 5 kewajiban seorang suami !
6 . Sebutkan 5 kewajiban seorang isteri !
7. Senutkan syarat wali nikah !
8. Jelaskan secara ringkas pengertian thalaq
9. Jelaskan secara ringkas 2 macam thalaq
10. Sebutkan 4 rukun ruju’
11. Sebutkan 5 hikmah pernikahan !
12. Sebutkan pengertian nikah dan tujuannya menurut UU RI No.I Th. 1974 !
13. Jelaskan pengertian dan tujuan nikah menurut undang-undang perkawinan !
14. Sebutkan undang-undang yang membahas tentang perkawinan !
15. Sebutkan 3 alasan yang membolehkan suami beristri lebih dari satu !
16. Sebutkan 3 persyaratan yang harus dipenuhi dalam mengajukan permohonan
berpoligami kepada Pengadilan
17. Jelaskan secara ringkas sahnya perkawinan menurut perundang undangan di
Indonesia
18. perceraian yang dilakukan melalui sidang pengadilan ada 3 macam, yaitu ....
19. Dalam UU No 1 Tahun 1974 pasal 38 dan 39 Perceraian hanya dapat dilakukan
di .......




LEMBARAN KERJA SISWA ( 6 )
PERKEMBANGAN ISLAM SI INDONESIA

I. Standar Kompetensi :
Memahami perkembangan Islam di Indonesia

II. Kompetensi Dasar :
1.1 Menjelaskan masuk islam di Indonesia
1.2 Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia
1.2 Menampilkan contoh perkembangan Islam di Indonesia
1.3 Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di Indonesia

III. Indikator :
3.1 Menjelaskan masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia
( Sumatera, Jawa. Sulawesi, Kalimantan, Maluku dan sekitarnya )
3.2 Mengemukakan contoh perkembangan Islam di Indonesia
3.3 Menjelaskan peranan umat Islam pada masa penjajahan, pada masa
perang kemerdekaan dan pada masa perang kemerdekaan
3.4 Menjelaskan hikmah perkembangan Islam di Indonesia
3.5 Mengambil mamfa’at dari perkembangan Islam di Indonesia


IV. Materi :
Islam masuk ke Indonesia ada dua pendapat, yaitu :
1. Pada abad ke 7 M
2. Pada abad ke 13 M
Melalui dua jalur yakni:
1. jalur utara
2. Jalur
Islam masuk ke Indonesia berkembang pesat, karena pembawa jaran islam berperilaku baik dan dapat menyatu dengan masyarakat indonesia.
Dalam merbut kemerdekaan umat islam beranai mengorbankan jiwa dan hartanya.
Setelah kemerdekaan juga umat islam berperan dalam menentukan jalannya pemerintahan.











TUGAS



KELOMPOK

MATERI YANG DIBAHAS
HASIL DISKUSI
I Sejarah masuk dan berkembang
nya Islam di Indonesi
( Sumatera, Jawa. Sulawesi
Kalimantan, Maluku da
sekitarnya

II peranan umat Islam pada masa penjajahan, pada mas
perang kemerdekaan dan pada masa perang kemerdekaan
III contoh perkembangan Islam di Indonesia
hikmah dan manfaat perkembangan Islam di Indonesia


PERTANYAAN

1. Islam masuk ke Indonesia pada abad ke ...Masehi
2. Sebutkan jalur masuknya Islam di Indonesia
2. Apakah kerajaan Islam yang pertama di Indonesia dan siapakah
rajanya !
3. Sebutkan 3 cara penyebaran Islam di Indonesia !
4. Jelaskan secara ringkas masuk dan berkembangnya Islam di Sulawesi !
5. Kapankah rakyat Ternate pertama kali mengenal ajaran Islam dan siapa pembawa
ajaran Islam ke Ternate !
6. Sebutkan 3 contoh perkembangan Islam di Indonesia !
7. Sebutkan 5 mamfa’at perkembangan Islam di Indonesia !
8. Sebutkan 2 peranan umat Islam pada masa penjajahan !
9. Sebutkan 3 peranan umat Islam pada masa perang kemerdekaan !
10. Sebutkan 4 peranan umat Islam pada masa pembangunan !






LEMBARAN KERJA SISWA ( 7 )

MEMBACA Q.S. YUNUS AYAT ; 101 ,
DAN Q.S. AL-BAQARAH;164,

A. Standar Kompetensi : Memahami ayat-ayat al Quran tentang pengembangan IPTEK

B. Kompetensi Dasar :1..Membaca Q.S. Yunus Ayat ; 101 : Q.S. Al-Baqarahf;164,
2. mengidentifikasi tajwid Q.S. Yunus Ayat ; 101 :
3.. Mengartikan Q.S. Yunus Ayat ; 101 : Q.S. Al-Baqarahf;164,
4. Menyimpulkan isi kandungan ayat Q.S. Yunus Ayat ; 101 :
Q.S. Al Baqarahf;164

C. Indikator : 1. membaca dengan benar, fasih dan lancar :
a. Q.S. Yunus Ayat ; 101
b. Q.S. Al-Baqarah;164.
` : 2. mengidentifikasi tajwid yang terdapat dalam :
a. Q.S. Yunus Ayat ; 101
b. Q.S. Al-Baqarah;164

3’. Mengartikan :
a. Q.S. Yunus Ayat ; 101
b. Q.S. Al-Baqarah;164.
` : 4. Menyimpulkan isi kandungan ayat :
a. Q.S. Yunus Ayat ; 101
b. Q.S. Al-Baqarah;164

D. Materi:

Q.S. YUNUS AYAT ; 101










Q.S. AL-BAQARAH;164




TUGAS

TAJWID

Ayat Hukum Tajwid Cara membaca Alasan

Ikhfa Hakiki, Mad Thabi’i Nun mati bertemu dengan zha





















ARTI


potongan ayat

Arti

Katakanlah: "Perhatikanlah

































MAKSUD

POTONGAN AYAT MAKSUD










PERTANYAAN

1.

Hukum bacaan yang terdapat pada potongan ayat tersebut adalah ….
2.

Hukum bacaan yang terdapat pada potongan ayat tersebut adalah ….
3.

Hukum bacaan yang terdapat pada potongan ayat tersebut
adalah ….
4.

Hukum bacaan yang terdapat pada potongan ayat tersebut adalah ….

5.

Hukum bacaan yang terdapat pada potongan ayat tersebut adalah ….


6.
Arti potongan ayat tersebut adalah ….
7.
Arti potongan ayat tersebut adalah ….
8.
Arti potongan ayat tersebut adalah ….
9.
Arti potongan ayat tersebut adalah ….
10.
Arti potongan ayat tersebut adalah ….

11.
Arti potongan ayat tersebut adalah ….
12. Sebutkan masud yang terdapat dalam Q.S. Al-Baqarahf;164
13.
Arti potongan ayat tersebut adalah ….














LEMBARAN KERJA SISWA ( 8 )

IMAN KEPADA QADHA DAN QADAR

I. Standar Kompetensi :
Meningkatkan keimanan kepada qadha dan qadar

II. Kompetensi Dasar :
Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada qadha dan qadar

III. Indikator :
3.1. Menjelaskan pengertian iman kepada Qadha dan qadar
3.2. Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada qadha dan qadar
3.3 Menjelaskan hikmah beriman kepada qadha dan qadar
3.4. Menjelaskan perilaku ikhtiar dan tawakal
3.5. Menerapkan perilaku ikhtiar dan tawakal dalam kehidupan sehari-hari
IV. Materi :

QS.YASIN : 82


Artinya : Sesungguhnya keadaan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah
berkata kepadanya: "Jadilah!" maka terjadilah ia”.


QS.AL-AMBIYA’ : 35


.
Artinya : Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu
dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya)….

TUGAS


KELOMPOK

MATERI YANG DIBAHAS
HASIL DISKUSI
I pengertian iman kepada Qadha dan qadar
tanda-tanda beriman kepada qadha dan qadar
II hikmah beriman kepada qadha dan qadar

III perilaku ikhtiar dan tawakal dalam kehidupan sehari-hari

PERTANYAAN

1. Qadha menurut bahasa artinya ....
2. Qadar menurut Istilah adalah ....
3. Taqdir mubram adalah ....
4. Taqdir mualaq adalah....
5. Iman kepada qadha dan qadar adalah ....
6. Ikhtiar adalah ....
7. Tawakal adalah ....
8. Sebutkan tanda-tanda beriman kepada qadha dan qadar
9. Sebutkan hikmah beriman kepada qadha dan Qadar !
10.
Maksud potongan ayat tersebut adalah ….



























LEMBARAN KERJA SISWA ( 9 )

MENGHINDARI PERILAKU TERCELA

I. Standar Kompetensi :
Menghindari Perilaku tercela

II. Kompetensi Dasar :
2.1. Menjelaskan pengertian isyraf, tabzir, ghibah dan fitnah
2.2. Menjelaskan contoh perilaku isyraf, tabzir, ghibah dan fitnah
2.3. Menghindari perilaku isyraf, tabzir, ghibah dan fitnah dalam kehidupan
sehari-hari

III. Indikator :
3.1. Menjelaskan pengertian isyraf, tabzir, ghibah dan fitnah
3.2. Menjelaskan contoh perilaku isyraf, tabzir, ghibah dan fitnah
3.3. Melafazkan ayat tentang larangan berperilaku isyraf, tabzir, ghibah dan
Fitnah

IV. Materi
QS.AL-AN’AM : 141

. …
Artinya :… dan janganlah kamu berlebih-lebihan.Sesungguhnya Allah tidak menyukai
orang yang berlebih-lebihan


….

QS.AL-ISRA’ : 26-27

- …
Artinya : …dan janganlah kamu menghambur-hamburkan hartamu) secara
boros.,Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaithan….









Q.S AL HUJARAT : 6



Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.


Q.S AL HUJARAT : 11



Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri[1409] dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman[1410] dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.















Q.S AL HUJARAT : 12




Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.

TUGAS


KELOMPOK

MATERI YANG DIBAHAS
HASIL DISKUSI
I pengertian isyraf, tabzir, ghibah dan fitnah
II contoh perilaku isyraf, tabzir, ghibah dan fitnah
III Menghindari perilaku isyraf, tabzir, ghibah dan fitnah dalam kehidupan sehari-hari

PERTANYAAN

1. Sebutkan pengertian Isyraf !
2. Sebutkan pengertian ghibah !
3. Sebutkan pengertian Tabzir !
4. Sebutkan pengertian Fitnah !
5 . Sebutkan contoh perilaku israf !
6. Sebutkan contoh perilaku ghibah !
7. Sebutkan contoh perilaku Tabzir !
8. Sebutkan contoh perilaku Fitnah !
9. Lafazkan sebuah ayat tentang larangan berperilaku fitnah !
10. Jelaskan akibat perilaku ghibah !

LEMBARAN KERJA SISWA ( 10 )

HUKUM ISLAM TENTANG MAWARIS


I. Standar Kompetensi :
Memahami hukum Islam tentang waris

II. Kompetensi Dasar :
Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang waris

III. Indikator :
3.1. Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang waris
3.2. Menjelaskan macam-macam ahli waris
3.3. Menjelaskan pembahagian masing-masing ahli waris
3.4 Menjelaskan contoh pelaksanaan hukum Islam tentang waris
3.5. Menjelaskan contoh pelaksanaan hukum waris dalam undang-undang
3.6. Menjelaskan cara menghitung pembahagian warisan secara Islam


IV. Materi

An-nisa’ : 7























QS. AN-NISA’ AYAT 12




TUGAS


KELOMPOK

MATERI YANG DIBAHAS
HASIL DISKUSI
I ketentuan hukum Islam tentang waris
macam-macam ahli waris
II pembahagian masing-masing ahli waris
contoh pelaksanaan hukum Islam tentang waris
pelaksanaan hukum waris dalam undang-undang
III cara menghitung pembahagian warisan secara Islam







PERTANYAAN

1. Jelaskan secara ringkas perbaikan tentang warisan setelah datangnya
ajaran Islam !
2. Sebutkan 4 hal yang menyebabkan seseorang berhak memperoleh warisan !
3. Sebutkan 2 macam ahli waris secara garis besar serta pengertiannya
4. Jika ahli waris yang laki-laki dan perempuan ada semuanya, siapa
sajakah yang berhak memperoleh warisan ?
5. Pak Ahmad meninggal dunia, ahli waris yang ditinggalkan istri, 2 orang anak
laki-Laki 1 anak perempuan, bapak, berapakan bahagian isteri ?

6. Apakah yang dimaksud dengan hijab hirman ? sebutkan contohnya !
7. Apakah yang dimaksud dengan hijab nuqsan ? sebutkan contohnya !
8. Harta warisan Rp 48.000.000. Ahli waris : suami, ibu, 3 anak wanita
dan 1 anak laki-laki. Berapakah ibu mendapat harta warisan ?
9. Sebutkan 4 peranan Pengadilan Agama dalam UU RI No. 7 Tahun 1989 pasal 49
ayat 3 dalam penerapan warisan !
10. Sebutkan 4 kewajiban ahli waris terhadap pewaris dalam UU RI No. 7 Tahun 1989
pasal 175 !
























LEMBARAN KERJA SISWA ( 11 )

PERKEMBANGAN ISLAM DI DUNIA

I. Standar Kompetensi :
Perkembangan Islam di Dunia
II. Kompetensi Dasar :
Menjelaskan perkembangan Islam di Dunia.
Menyebutkan tokoh pengembang islam islam di Dunia

III. Indikator :
3.1. Mengemukakan perkembangan Islam di dunia
3.2. Menyebutkan tokoh pengembang islam islam di di dunia

III. Materi :

Pada saat ini islam telah berkembang ke seluruh penjuru dunia ( Asia, Afrika, Australia. Eropa dan Amerika ). Tingkat pemehaman terhadap ajaran berbeda antara satu dengan yang lainnya,
Konstitusi Negara tentang kdudukan agama dalam pemerintahan terbagi :
1. Negara agama
2. Agama tanggung jawab pemerintah dan masyarakat
3. Agama tanggung jawab masyarakat ( sekuler )
Banyak tokoh yang mengembangkan islam di dunia, masing--masing memiliki cara terrentu, ada yang keras dan ada yang moderat,


TUGAS


KELOMPOK

MATERI YANG DIBAHAS
HASIL DISKUSI
I Perkembangan Islam di Dunia
( Asia, Afrika, Australia. Eropa dan
Amerika )
II Tokoh Pengembang islam islam di Dunia dan Usaha yang dilakukannya








PERTANYAAN

1. Sebutkan nama tokoh pembaharu islam di Amerika !
2. Muhammad bin Abdul Wahab tokoh pembaharu di negara ....
3. Jamluddin Al Afghani berasal dari negara ....
4. Muhammad Abduh berasal dari negara ....
5. Ayatullah Ali Komaini berasal dari negara ....
6. sebutkan 3 pendapat tentang islam masuk ke Amerika
7. sebutkan pembawa agama islam ke Australia
8. Islam masuk ke Eropa pada pemerintahan khalifafah ... dari daulat bani ....
9. Sebutkan pembaharuan yang dilaksanakan Warist Deen Muhammad di Amerika !
10. Sebutkan hikmah perkembangan islam di Amerika !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar