Senin, 31 Januari 2011

SILABUS PAQ SMA N 1 GUNUNG TALANG

SILABUS

Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Gunung Talang
Mata Pelajaran : Pendidikan Al-Qur’an
Kelas / Semester : X /1
Standar Kompetensi : Mendeskripsikan ayat-ayat al-Qur’an tentang Aqidah, Ibadah dan Akhlaq

Kompetensi Dasar Materi
Pembelajaran Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Tehnik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
1.1 Membaca
secara tartil,
mengartikan dan
memahami ayat-
ayat Al-Qur’an
tentang hari akhir dan amal shaleh (Q.S.Az-Zalzalah/99 :1-8
dan QS.An-Nahl/16 : 9 )





*Membaca
QS. Az-Zal
Zalah/99 :1 -8
dan An- Nahl/16 : 97









*Mengartikan
Q.S.Az-Zalzalah /99 : 1-8 dan Q.S
An-Nah/16 : 97





*Salah seorang siswa membacakan Q.S,Az-Zalzalah: 1-8 dan Q.S An-Nahl: 97 dengan
muratal dan diikuti
bersama-sama



*Mengidentifikasi tajwid yang terda
pat dalam Q.S.Az-Zalzalah 1-8 dan
Q.S.An-Nahl : 97

*Siswa mengartikan
Q.S Az-Zalzalah : 1-8 dan Q.S An-Nahl : 97
secara
mufradat dan mujmal
*Mampu melafazkan sifat-sifat huruf shafir ,Istithalah dan Tafasysyi yang terdapat dalam
QS.Az-Zalzalah 1-8 dan Q.S An-Nahl : 97


*Melafazkan bacaan ikhfa dan Izhar yang terdapat dalam Q.S
Az-Zalzalah 1-8 dan Q.S.An-Nahl : 97

*Mampu mengartikan kata-kata mufradat dan mujmal Q.S Az-Zalzlah:1-8 dan Qs.an-Nahl : 97

Tes Lisan







Tes Lisan





Tes Lisan dan Tertulis
Daftar
Pertanyaan






Daftar
Pertanyaan




Daftar Pertanyaan Lafazkanlah sifat huruf
Shafir,Istithalah dan Tafasy
syi dalam Q.S.Az-Zalzalah :
l-8 dan Q.S An-Nahl:97





Lafazkanlah contoh bacaan Ikhfa dan Izhar yang terda
pat dalam Q.S.Az-Zalzalah 1-8 dan Q.S.An-Nahl : 97


Artikanlah Q.S.Az-Zalzalah 1-8 dan Q.S.An-Nahl : 97
Secara mufradat dan mujmal
2 Jam














2 Jam Al-Qur’an dan Terjemahnya

Pelajaran
Ilmu Tajwid

Buku Tafsir Al-Qur’an

Buku panduan
Menulis khat


Kompetensi Dasar Materi
Pembelajaran Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Tehnik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen






1.2 Mempraktekan
amal shaleh dalam
kehidupan sehari-
hari




1.3Menghafal Q.S Az-Zalzalah/99 : 1-8 dan menulis khat naskhi Q.S .An- Nahl/16 : 97


Kompetensi Dasar *Memahami Q.S Az-Zalzalah/99 : 1-8 dan Q.S .An-
Nahl/16 : 97





*Pengertian amal shaleh
*Contoh amal shaleh
*Syarat-syarat amal shaleh



*Praktek amal shaleh


*Menghafal QS.
Az-Zalzalah:1-8


*Menulis Khat
Naskhi Q.S.An-Nahl : 97 *Siswa mendiskusi
kan isi kandungan Q.S Az-Zalzalah/99 : 1-8 dan Q.S .An-
Nahl/16 : 97 dan
menyimpulkan
secara teratur




*Siswa mendikusikan pengertian dan contoh-contoh dan syarat-syarat amal shaleh




Siswa mempraktekan
Cara belajar yang baik


*Siswa menghafal Qs. Az-Zalzalah:1-8


*Siswa menulis Khat
Naskhi Q.S.An-Nahl:97 *Menjelaskan
situasi dan kondisi manusia pada peristiwa hari kiamat sesuai dengan Q.S Az-Zalzalah : 1-8
* Menjelaskan dua macam isi kandungan
Qs. An-Nahl:97


*Menyebutkan pengertian dan contoh-contoh amal shaleh
*Menyebutkan syarat-syarat amal shaleh


*Dapat melakukan
Cara belajar yang baik



Dapat melafazkan hafalan Q.S Az-Zalzalah 1-8 dan artinya
Dapat menulis khat naskhi Qs.An-Nahl 97 Tes Lisan dan Tertulis


Tes Lisan dan Tertulis

Tes Lisan dan Tertulis



Tes Perbuatan

Tes Lisan


Tes Perbuatan Daftar Pertanyaan



Daftar Pertanyaan


Daftar Pertanyaan






Praktek




Daftar Pertanyaan


Praktek Sebutkanlah 5 macam
situasi pada hari kiamat
sesuai dengan Q.S.Az-Zal
zalah:1-8


Jelaskanlah dua macam isi kandungan Q.S. An-Nahl:97

Tulislah 4 contoh amal shaleh yang pernah anda lakukan

Sebutkanlah syarat-syarat amal shaleh


Kerjakanlah tugasmu dengan baik dan serahkan tepat waktu


Lafazkanlah hafalan
Q.S.Az-Zalzalah:1-8

Tulislah QS.An-Nahl:97 dengan Khat naskhi





2 Jam





2 Jam




2 Jam
Al-Qur’an dan Terjemahnya

Pelajaran
Ilmu Tajwid

Buku Tafsir Al-Qur’an

Buku panduan
Menulis khat











Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tehnik Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.4 Membaca secara tartil,mengartikan dan memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang shalat tahajjud (Q.S.Al- Qadr/97: 1-5 dan QS.Al-Isra/17 : 79)







*Membaca Q.S.Al- Qadr/97: 1-5 dan QS.Al-Isra/17: 79









*Mengartikan Q.S.Al- Qadr/97: 1-5 dan QS.Al-Isra/17: 79

*Memahami Q.S.Al- Qadr/97: 1-5 dan QS.Al-Isra/17: 79



Salah seorang siswa membacakan Q.S.Al- Qadr/97: 1-5 dan QS.Al-Isra/17 secara murattal dan diikuti bersama-sama

*Mengidentifikasi tajwid yang terdapat dalam Q.S.Al- Qadr/97: 1-5 dan QS.Al-Isra/17

*Siswa mengartikan Q.S.Al- Qadr/97: 1-5 dan QS.Al-Isra/17: 79



Siswa mendiskusikan
Isi kandungan Q.S.Al- Qadr/97: 1-5 dan QS.Al-Isra/17: 79
dan menyimpulkan
Secara teratur
*Melafazkan Q.S.Al- Qadr/97: 1-5 dan QS.Al-Isra/17 secara murattal dan sesuai dengan tajwid


*Melafazkan mad Izhar dan idgham yang terdapat dalam Qs.al-Qadr:1-5 dan Qs.al-Isra : 9

*Mampu mengartikan kata- kata mufradat dan mujmal
Q.S.Al- Qadr/97: 1-5 dan QS.Al-Isra/17: 79

* Dapat menjelaskan tiga macam keutamaan malam lailatul Qadr sesuai dengan Q.S.Al- Qadr/97: 1-5

* Dapat menjelaskan isi kandungan Q.S. Al-Isra : 79 Tes Lisan



Tes Lisan




Tes Lisan dan Tertulis



Tes Lisan dan Tertulis Daftar Pertanyaan


Daftar Pertanyaan




Daftar Pertanyaan




Daftar Pertanyaan
Lafazkanlah sesuai dengan
tajwid Q.S.Al- Qadr/97: 1-5 dan QS.Al-Isra/17


Lafazkanlah mad, Ikhfa dan idgham yang terdapat pada Q.S.Al- Qadr/97: 1-5 dan QS.Al-Isra/17

Artikanlah Q.S.Al- Qadr/97: 1-5 dan QS.Al-Isra/17: 79secara mufradat dan mujmal


Jelaskanlah tiga macam ke utamaan malam lailatul Qadr seperti
terkandung dalam Q.S Al-Qadr : 1-5
Jelaskanlah isi kandungan Q.S.Al- Isra : 79 2 Jam






2 Jam Al-Qur’an dan Terjemahnya

Pelajaran
Ilmu Tajwid

Buku Tafsir Al-Qur’an

Buku panduan
Menulis khat

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Tehnik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
1.5 Mempraktekkan shalat tahajjud bersama










1.6 Menghafal QS.Al-Qadr/97:1-5 dan Q.S.Al-Isra/17
: 79




*Praktek shalat
Tahajjud ( tata cara shalat tahajjud)








*Menghafal QS.Al-Qadr/97: 1-5


*Menulis khat naskhi QS.Al-Isra : 79
*Menggali informasi tentang pengertian, keutamaan shalat tahajjud




*Siswa berlatih melaku kan shalat
tahajjud bersama



*Siswa menghafal
QS.Al-Qadr : 1-5



* Siswa berlatih menulis khat naskhi QS.Al-Isra : 79
*Dapat menyebutkan pengertian shalat tahajjud

*Dapat menyebutkan keutamaan shalat tahajjud

*Mampu mempraktekan shalat
tahajjud



*Dapat melafazkan hafalan
QS.Al-Qadr/97: 1-5


* Mampu menulis khat naskhi QS.Al-Isra : 79
Tes Lisan/ Tertulis
Tes Lisan/ Tertulis

Tes Perbuatan


Tes Lisan

Tes Perbuatan Daftar Pertanyaan

Daftar Pertanyaan

Praktek




Daftar Pertanyaan



Praktek Sebutkan pengertian shalat tahajjud


Sebutkan keutamaan shalat tahajjud


Kerjakanlah shalatsunat
tahajjud dengan baik dan benar



Lafazkanlah hafalan QS.Al-Qadr /97: 1-5

Tulislah QS.Al-Isra/17 : 79 dengan khat naskhi
2 Jam







2 Jam

2 Jam Buku Tuntunan Shalat






Al-Qur’an dan Terjemahnya

Buku panduan
Menulis khat




Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Tehnik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
1.7 Membaca secara tartil, mengartikan dan
memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang keutamaa
Ilmu (QS. Al-‘Alaq/96:1-19 dan
Q.S Al-Mujadilah/58:11

*Membaca QS.Al-‘Alaq/96 ;1-19 dan QS.Al-Mujadilah/58 : 11





*Mengartikan QS.Al-‘Alaq/96 ;1-19 dan QS.Al-Mujadilah/58 : 11
.Memahami Q.S Al-”Alaq : 1-19 dan Q.S al-Mujadilah :
Salah seorang siswa membaca QS.Al-‘Alaq/96 ;1-19 dan QS.Al-Mujadilah/58 : 11 dan diikuti bersama-sama
*Mengidentifikasi tajwid yang terdapat dalam Qs.al-‘Alaq:1-5 dan Qs.al-Mujadilah :11
*Siswa mengartikan QS.Al-‘Alaq/96 ;1-19 dan QS.Al-Mujadilah/58 : 11
secara mufradat dan mujmal
*Siswa mendiskusikan isi
Kandungan Q.S Al-’Alaq:1-19 dan Q.S Al-Mujadilah : 11
*Dapat melafazkan sifat huruf Qalqalah pada QS.Al-‘Alaq/96 ;1-19

*Mampu melafazkan makhariju huruf Al-Lisan dan Al-Halaq dengan benar


*Mampu mengartikan mufradat dan mujmal QS.Al-‘Alaq/96 ;1-19 dan QS.Al-Mujadilah/58 : 11
Dapat menjelaskan isi kandungan Q.S Al ’Alaq : 1-19

Dapat menjelaskan isi kandungan Q.s Al-Mujadilah : 11 Tes Lisan


Tes Lisan







Tes Lisan/ Tertulis




Tes Lisan/ Tertulis
Tes Lisan/ Tertulis


Daftar Pertanyaan

Daftar Pertanyaan



Daftar Pertanyaan


Daftar Pertanyaan
Daftar Pertanyaan Lafazkanlah sifat huruf Qalqalah pada QS.Al-‘Alaq:1-19

Lafazkanlah makharijul huruf Al-Lisan dan Al-Halaq QS.Al-‘Alaq/96 ;1-19 dan QS.Al-Mujadilah/58 : 11

Artikanlah QS.Al-‘Alaq/96 ;1-19 dan QS.Al-Mujadilah/58 : 11 secara
Mufradat dan mujmal

Jelaskanlah isi kandungan Q.S.Al-’Alaq:1-19

Jelaskanlah isi kandungan S. Al-Mujadialah : 11 2 Jam










2 Jam Al-Qur’an dan Terjemahnya

Pelajaran
Ilmu Tajwid

Buku Tafsir Al-Qur’an

Buku panduan
Menulis khat

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Tehnik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
1.8 Menghafal QS. Al-‘Alaq/96:1-19 dan menulis QS. Al-Mujadilah/58 : 11


1.9 Membaca secara tartl, mengartikan dan memahami QS.Al-Baqarah ayat 221 tentang larangan pernikahan silang










1.10 Menghafal Qs.al-Baqarah ayat 221

Menghafal Q.S Al-’Alaq/96 : 1-19
*Menulis QS.Al-Mujadilah/58 : 11



*Membaca QS.Al-Baqarah ayat 221





*Mengartikan Qs.al-Baqarah ayat 221





*Menghafal QS.Al-Baqarah ayat 221 *Siswa menghafal Qs.al-‘Alaq : 1-19

*Siswa berlatih menulis khat naskhi QS. Al - Mujadilah: 11


* Salah seorang siswa membacakan dengan murattal QS.Al-Baqarah ayat 221 dan diikuti bersama-sama

*Mengidentifikasi tajwid yang terdapat dalam Qs.al-Baqarah ayat 221

*Siswa berlatih mengartikan Qs.al-Baqarah : 221 secara mufradat dan mujmal

*Siswa mendiskusikan
Isi kandungan QS.Al-Baqarah ayat 221
*Siswa menghafal QS.Al-Baqarah ayat 221
*Dapat melafazkan hafalan QS. Al-‘Alaq :1-19
*Dapat menulis khat naskhi QS.Al-Mujadilah : 11


*Mampu melafazkan huruf tafasysyi,dan mad dengan benar


Melafazkan bacaan idgham dan izhar yang terdapat pada Q.S Al-Baqarah : 221

Dapat mengartikan kata-kata mufradat dan mujmal QS.Al-Baqarah ayat 221


*Dapat menjelaskan isi kandungan QS.Al-Baqarah: 221


*Mampu melafazkan hafalan QS.Al-Baqarah ayat 22 Tes Lisan



Tes Perbuatan




Tes Lisan







Tes Lisan





Tes Lisan/ Tertulis





Tes Lisan/ Tertulis


Tes Lisan
Daftar
Pertanyaan


Praktek





Daftar Pertanyaan






Daftar Pertanyaan




Daftar Pertanyaan






Daftar Pertanyaan



Daftar Pertanyaan

Lafazkanlah hafalan QS.Al-‘Alaq: 1- 19

Tulislah QS. Al-Majadilah : 11 dengan khat naskhi




Lafazkanlah sifat huruf tafasysyi dan bacaan mad yang terdapat dalam Q.S Al-Baqarah : 221

Lafazkanlah bacaan idgham dan izhar dalam QS.Al-Baqarah ayat 221


Artikanlah
Q.S Al-Baqarah : 221 secara mufradat dan mujmal



Jelaskanlah isi kandungan QS.Al-Baqarah ayat 221


Lafazkanlah hafalan QS.Al-Baqarah ayat 221 2 Jam



2 Jam





2 Jam













2 Jam












2 Jam Al-Qur’an dan Terjemahnya

Pelajaran
Ilmu Tajwid

Buku Tafsir Al-Qur’an

Buku panduan
Menulis khat

















Al-Qur’an dan Terjemahnya




Mengetahui :
Kepala SMA N 1 Gunung Talang.


Drs. ASRIJAL, MM
Nip. 19620216 198602 1 001

Cupak, 2011
Guru Mata Pelajaran


1. Drs. ALI IMRAN ...................................

2. Dra. Hj. DARNIS ....................................

3. NOFRIZA, S.Pd.I ...................................




SILABUS

Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Gunung Talang
Mata Pelajaran : Pendidikan Al-Qur’an
Kelas / Semester : X /2
Standar Kompetensi : Mengklasifikasikankan ayat-ayat al-Qur’an tentang Aqidah, Ibadah dan Akhlaq


Kompetensi Dasar
Materi
Pembelajaran

Kegiatan
Pembelajaran
Indikator Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Tehnik Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
2.1 Membaca secara tartil, mengartikan dan memahami serta
menghafal QS Al- Hujurat/49 ayat 6 tentang informasi






* Membaca Q,S Al-Hujurat/49: 6







*Mengartikan Qs. Al-Hujurat:6





*Menghafal Qs. Al-Hujurat:6 *Salah seorang siswa membacakan dengan murattal QS.Al-Hujurat : 6 dan diikuti bersama-sama

*Mengidentifikasi tajwid yang terdapat dalam Qs.Al-Hujurat : 6


Siswa berlatih mengartikan QS.Al-Hujurat : 6 secara mufradat dan mujmal
*Siswa mendiskusikan
Isi kandungan Qs. Al-Hujurat : 6 tentang informasi
Siswa menghafal Q.S Al-Hujurat : 6 *Mampu melafazkan ayat Q.S Al-Hujurat : 6 dengan murattal sesuai tajwid


*Melafazkan hukum bacaan mad dan ikhfa dalam QS.Al-Hujurat : 6


*Mampu mengartikan secara mufradat dan mujmal QS.Al-Hujurat : 6

*Menjelaskan isi kandungan Qs. Al-Hujurat : 6 tentang informasi

*Mampu melafazkan hafalan Qs. Al-Hujurat : 6 Tes Lisan




Tes Lisan




Tes Lisan/ Tertulis
Tes Lisan/ Tertulis


Tes Lisan Daftar Pertanyaan



Daftar Pertanyaan



Daftar Pertanyaan



Daftar Pertanyaan



Daftar Pertanyaan
Lafazkanlah Q.S Al- Hujurat : 6 dengan murattal sesuai tajwid


Lafazkanlah bacaan mad wajib muttasil dan ikhfa dalam Qs.Al-Hujurat : 6

Artikanlah QS.Al-Hujurat : 6 secara mufradat dan mujmal


Jelaskanlah isi kandungan QS. Al-Hujurat : 6


Lafazkanlah hafalan Qs. Al-Hujurat : 6 2 Jam









2 Jam









2 Jam

Al-Qur’an dan Terjemahnya

Pelajaran
Ilmu Tajwid

Buku Tafsir Al-Qur’an

Buku panduan
Menulis khat





Kompetensi Dasar Materi
Pembelajaran Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Tehnik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
2.2 Membaca secaratartil,mengartikan dan mema
hami ayat-ayat al-Qur’an tentang makhluk yang mulia
(QS At-Tin/95 : 1-8 dan Q.S Al-Isra’/17 : 70 )



* Membaca
Qs. At-Thin/95 ;
1-8 dan Al-Isra’/17 : 70







*Mengartikan Qs.At-Thin/98 :1-8 dan Q.s Al- Isra’ : 70


*Memahami Qs. Qs.At-Thin/98 : 1-8 dan Q.s Al- Isra’ : 70







*Salah seorang siswa membacakan dengan murattal QS.At-Thin : 1-8 dan Al-Isra’/17 : 70 diikuti
bersama-sama

*Mengidentifikasi tajwid yang terdapat dalam Qs. Qs.At-Thin/98 : 1-8 dan Q.s Al- Isra’ : 70


*Siswa berlatih mengartikan Qs. Qs.At-Thin/98 : 1-8 dan Q.s Al- Isra’ : 70 secara mufradat dan mujmal


*Siswa mendiskusikan
Isi kandungan Qs. Qs.At-Thin/98 : 1-8 dan Q.s Al- Isra’ : 70
*Mampu melafazkan Q.S At-Thin : 1-8 dan Q.S Al-Isra’ : 70 dengan murattal sesuai tajwid


*Mampu melafazkan huruf Qalqalah dan Istitha
lah yang terdapat dalam
QS.At-Thin/98 : 1-8 dan Q.S Al- Isra’ : 70


*Mampu mengartikan
kata mufradat dan mujmal Qs. At-Thin/98 :1-8 dan Q.s Al- Isra’ : 70


*Dapat menjelaskan isi kandungan Q.s At-Thin/98 : 1-8

*Dapat menjelaskan isi kandungan Q.s Al-Isra’/98 : 70

Tes Lisan





Tes Lisan






Tes Lisan/ Tertulis


Tes Lisan/ Tertulis
Tes Lisan/ Tertulis Daftar
Pertanyaan




Daftar Pertanyaan





Daftar Pertanyaan




Daftar Pertanyaan


Daftar
Pertanyaan



Lafazkanlah Q.S At-Thin : 1-8 dan Q.S Al-Isra’ : 70 dengan murattal sesuai tajwid

Lafazkanlah huruf Qalqalah dan istithalah dalam Q.S At-Thin : 1-8 dan Q.S Al-Isra’ : 70


Artikanlah QS.At-Thin/98 : 1-8 dan Q.S Al- Isra’ : 70 secara mufradat dan mujmal


Jelaskanlah isi kandungan Qs. At-Thin/98 : 1-8

Jelaskanlah isi kandungan Qs. Al- Isra’ : 70




2 Jam












2 Jam
















Al-Qur’an dan Terjemahnya

Pelajaran
Ilmu Tajwid

Buku Tafsir Al-Qur’an

Buku panduan
Menulis khat




Kom petensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Tehnik Bentuk
Instrumen Contoh Instrumen
2.3 Menghafal QS at-Tin/95: 1-8 dan menulis khat
Naskhi QS Al- Isra’/17 : 70



2.4 Membaca secara tartil, mengartikan dan mema
hami ayat-ayat al-Qur’an tentang pertolongan
Allah (Q.S Al-Insyirah/94: 1-8 dan QS Yasin/36 : 8-9












* Menghafal QS At-Tin/95: 1-8







* Membaca
Qs.Al-Insyirah : 1-8 dan Q.s Yasin ; 8-9








*Mengartikan dan memahami Q.S Al-Insyirah : 1-8 dan Yasin : 8-9 tentang pertolongan Allah



Siswa ditugaskan menghafal Q.S At-Thin : 1-8

*Siswa berlatih menulis khat naskhi Q.s Al-Isra’ : 70

*Salah seorang siswa membacakan dengan murattal Qs. Al-Insyirah : 1-8 dan Q.s Yasin : 8-9 diikuti
bersama-sama

*Mengidentifikasi tajwid
Dalam Q.S Qs.Al-Insyirah : 1-8 dan Q.s Yasin ; 8-9



*Siswa berlatih mengartikan Qs.Al-Insyirah : 1-8 dan Yasin : 8-9 secara mufradat dan mujmal

*Siswa mendiskusikan isi kandungan Q.S Al-Insyirah : 1-8 dan Q.s Yasin : 8-
*Mampu melafazkan hafalan Q.S At-Thin : 1-8 dengan murattal

*Mampu menulis khat naskhi Q.s Al-Isra’ : 70


*Mampu melafazkan ayat Q.S Al-Insyirah : 1-8 dan Q.s Yasin : 8-9 dengan murattal sesuai tajwid


*Dapat melafazkan bacaan Izhar yang terdapat dalam Qs.Al-Insyirah : 1-8 dan Q.s Yasin ; 8-9

*Mampu mengartikan kata-mufradat dan mujmal Q.S
Al-Insyirah : 1-8 dan Q.s Yasin : 8-9

*Menjelaskan isi kandungan Q.SAl-Insyirah : 1-8 dan Q.s Yasin : 8-9 Tes Lisan



Tes Perbuatan


Tes Lisan






Tes Lisan





Tes Lisan/ Tertulis




Tes Lisan/ Tertulis

Daftar pertanyaan


Praktek



Daftar Pertanyaan





Daftar Pertanyaan




Daftar Pertanyaan




Daftar Pertanyaan
Lafazkanlah hafalan Q.S At-Thin : 1-8


Tulislah Q.S Al-Isra’ : 70 dengan khat naskhi


Lafazkanlah bacaan Q.s Al-Insyirah : 1-8 dan Q.S Yasin : 8-9 dengan murattal



Lafazkanlah bacaan Izhar syafawi dalam Qs.Al-Insyirah : 1-8 dan Q.s Yasin ; 8-9


Artikanlah Qs. Al-Insyirah : 1-8 dan Q.s Yasin : 8-9 secara mufradat dan mujmal


Jelaskan isi kandungan Q.S Al-Insyirah : 1-8
dan Q.s Yasin : 8

2 Jam



2 Jam


2 Jam











2 Jam Al-Qur’an dan Terjemahnya

Pelajaran
Ilmu Tajwid

Buku Tafsir Al-Qur’an

Buku panduan
Menulis khat






Kom petensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Tehnik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
2.5 Menghafal
QS Al-Insyirah:1-8 dan QSYasin:8-9 dan menulis khat naskhi Q.SYasin/36 : 8-9


2.6 Membaca secara tartil mengartikan dan memahami isi
ayat-ayat al-Qur’an dan hadits
tentang shalat
dhuha (QS Adh-Dhuha/93 : 1-11












Menghafal QS Al-Insyirah:1-8 dan QSYasin:8-
9

Menulis khat naskhi QSYasin:8-9

* Membaca QS Adh-Dhuha/93 : 1-11 dan hadits tentang shalat dhuha

*Mengartikan dan memahami Q.S Adh-Dhuha/93 : 1-11



* Siswa menghafal QS Al-Insyirah:1-8 dan QSYasin:8-9


Siswa berlatih menulis Khat naskhi Q.S Yasin : 8-9

*Salah seorang siswa membacakan dengan murattal QS. Adh-Dhuha/93 : 1-11 dan diikuti bersama-sama

*Siswa berlatih mengartikan QS. Adh-Dhuha/93 : 1-11 secara mufradat dan mujmal



*Mampu melafazkan hafalan QS Al-Insyirah:1-8 dan Q.S Yasin ; 8-9

Mampu menuliskhat naskhi S. Yasin : 8-9


*Mampu melafazkan Q.S. Adh-Dhuha/93 : 1-11 dengan murattal sesuai tajwid

*Mampu mengartikan kata mufradat dan mujmal Q.S Dhuha/93 : 1-11

*Mampu mengartikan hadits tentang shalat dhuha secara mujmal


Mampu menjelaskan isi kandungan Q.S Dhuha :1-11

Tes Lisan




Tes Perbuatan


Tes Lisan



Tes Lisan/ Tertulis


Tes Lisan/ Tertulis


Tes Lisan/ Tertulis



Daftar Pertanyaan



Praktek



Daftar Pertanyaan




Daftar Pertanyaan



Daftar Pertanyaan Lafazkanlah hafalan QS Al-Insyirah:1-8 dan
Q.SYasin:8-9


Tulislah Q.S Yasin : 8-9 dengan khat naskhi


Lafazkanlah QS. Adh-Dhuha/93 : 1-11 dan dengan murattal sesuai tajwid


Artikanlah Q.S. Dhuha/93 : 1-11 secara mufradat dan mujmal

Artikanlah hadits tentang shalat dhuha



Jelaskanlah isi kandungan QS. Adh-Dhuha/93 : 1-11
2 Jam




2 Jam









2 Jam Al-Qur’an dan Terjemahnya

Pelajaran
Ilmu Tajwid

Buku Tafsir Al-Qur’an

Buku panduan
Menulis khat





Buku Fiqih Islam Lengkap



Kompetensi Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Tehnik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
2.7 Mempraktekan shalat dhuha dalam kehidupan
sehari-hari

2.8Menghafal QS adh-Dhuha : 1-11 dan menulis
Khat naskhi hadits tentang fadhilah shalat dhuha
* Praktek shalat Dhuha






*Menghafal QS adh-Dhuha : 1-
11

*Menulis khat nakhi hadits tentang fadhila shalat dhuha
* Siswa berlatih praktek shalat dhuha (tata cara shalat dhuha)





*Siswa menghafal QS Adh-Dhuha : 1-11


*Siswa berlatih menulis khat naskhi hadits tentang fadhilah shalat dhuha
*Mampu mempraktikan shalat dhuha





*Mampu melafazkan hafalan Q.S Adh-dhuha : 1-11

*Mampu menulis khat naskhi Hadits tentang fadhilah shalat dhuha

Tes Perbuatan






Tes Lisan



Tes Perbuatan Praktek







Daftar Pertanyaan


Praktek
Praktekanlah tata cara shalat dhuha






Lafazkanlah hafalan Q.S Adh-dhuha : 1-11


Tulislah Hadits nabi tentang fadhilah shalat dhuha dengan khat naskhi
2 Jam







2 Jam



2 Jam Buku ilmu Fiqih Islam Lengkap





Al-Qur’an
dan terjemahnya

Buku panduan
Menulis khat

Mengetahui :
Kepala SMA N 1 Gunung Talang.

Drs. ASRIJAL, MM
Nip. 19620216 198602 1 001

Cupak, 2011
Guru Mata Pelajaran

1. Drs. ALI IMRAN ...................................
2. Dra. Hj. DARNIS ....................................
3. NOFRIZA, S.Pd.I ...................................

SILABUS
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Gunung Talang
Mata Pelajaran : Pendidikan Al-Qur’an
Kelas / Semester : XI /1
Standar Kompetensi : Mengklasifikasikankan ayat-ayat al-Qur’an tentang Akhlaq

Kompetensi Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Tehnik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
1.1Membaca secara tartil, mengartikan dan memahami isi ayat-ayat al-Qur'an tentang akhlak mazmumah (QS. Al-Humazah/104: 1-9 dan QS. At-Taubah/9: 35 . Membaca QS Al-Humazah /
104 : 1-9 dan
Q.S At-Taubah : 35




Mengartikan
Q.S Al-Humazah
: 1-9 dan Q.S At-Taubah : 35



Memahami
Q.S Al-Humazah
: 1-9 dan Q.S At-Taubah : 35 *Salah seorang siswa membacakan Q.S Al-Hu
mazah/104 : 1-9 dan Q.S At-Taubah : 35 dengan murattal dan dikuti bersama-sama

*Mengidentifikasi bacaan
Nun mati atau tanwin dan mim mati yang terdapat dalam Q.S Al-Humazah/
104 : 1-9 dan
Q.S At-Taubah : 35

*Siswa berlatih mengartikan Q.S
Al-Humazah /104:--1-9
dan Q.S At-Taubah : 35

*Siswa mendiskusikan isi kandungan Q.S
Al-Humazah /
104 : 1-9 dan
Q.S At-Taubah : 35 *Melafazkan Q.S
Al-Humazah /
104 : 1-9 dan
Q.S At-Taubah : 35 dengan murattal


*Melafazkan contoh bacaan idgham yang terdapat dalam Q.S Al-Humazah :1-9
*Melafazkan bacaan izhar syafawi dalam Q.S At-Taubah : 35

*Mengartikan kata mufradat dan mujmal Q.S Al-Humazah /
104 : 1-9 dan
Q.S At-Taubah : 35

*Dapat menjelaskan isi kandungan Q.S Al-Humazah ; 1-9 dan
Q.S At-Taubah : 35 Tes Lisan





Tes Lisan







Tes Lisan/ Tertulis


Tes Lisan/ Tertulis
Daftar Pertanyaan





Daftar Pertanyaan






Daftar Pertanyaan




Daftar Pertanyaan Lafazkanlah Q.S
Al-Humazah /
104 : 1-9 dan
Q.S At-Taubah : 35 dengan murattal


Lafazkanlah bacaan idgham dalam
Q.S Al-Humazah :1-9
Lafazkanlah bacaan Izhar syafawi dalam
Q.S Al-Humazah :1-9


Artikanlah Q.S
Al-Humazah /104 ; 1-9
dan Q.S At-Taubah : 35


Jelaskanlah isi kandungan Q.S Al-Humazah : 1-9 dan
Q.S At-Taubah : 35 2 Jam






2 Jam Al-Qur’an dan Terjemahnya

Pelajaran
Ilmu Tajwid

Buku Tafsir Al-Qur’an

Buku panduan
Menulis khat





Kompetensi Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Tehnik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
1.2 Menghafal Q.S al-Humazah/104 : 1-9 dan Q.S At-Taubah/9 : 35 dan menulis khat naskhi Q.S At-Taubah :35


1.3 Membaca secara tartil, mengartikan dan memahami isi ayat-ayat Al-Qur’an dan hadits tentang manajemen waktu ( Q.S al-’Ashar/103 : 1-3 dan Q.S Al-Anbiya’/21 : 1-2 ) * Menghafal Q.S Al-Humazah/104 : 1-9 dan Q.S At-Taubah/9 : 35
*Menulis Q.S At-Taubah/9 : 35

*Membaca Q.S al-’Ashar/103 : 1-3 dan Q.S Al-Anbiya’/21 : 1-2







*Mengartikan Q.S Al-’Ashar/103 : 1-3 dan Q.S Al-Anbiya’/21 : 1-2





*Siswa ditugaskan menghafal Q.S al-Humazah/104 : 1-9 dan Q.S At-Taubah/9 : 35

*Siswa berlatih menulis khat naskhi Q.S At-Taubah/9 : 35

* Salah seorang siswa membacakan Q.S Al-’Ashar: 1-3 dan Q.S Al-Anbiya’: 1-2
dengan murattal
*Mengidentifikasi tajwid Q.S Al-’Ashar: 1-3 dan Q.S Al-Anbiya’/21 : 1-2



Siswa mengartikan Q.S Al-’Ashar/103 : 1-3 dan Q.S Al-Anbiya’/21 : 1-2 secara mufradat dan mujmal

*Siswa mendiskusikan isi kandungan Q.S al-’Ashar/103 : 1-3 dan Q.S Al-Anbiya’ : 1-2 tentang manajeman waktu * Dapat melafazkan hafalan Q.S Al-Humazah : 1-9 dan Q.S At-Taubah/9 : 3

*Dapat menulis khat naskhi Q.S At-Taubah/9 : 35

*Melafazkan bacaan Q.S Al-’Ashar : 1-3 dan Q.S Al-Anbiya’/21 : 1-2
Dengan murattal

* Melafazkan huruf shafir, istithalah dan Qalqalah dalam Q.S al-’Ashar 1-3 dan Q.S Al-Anbiya’/21 : 1-2

*Mengartikan mufradat mujmal Q.S Al-’Ashar: 1-3 dan Q.S Al-Anbiya’/21 : 1-2


*Menjelaskan isi kandungan kandungan Q.S al-’Ashar/103 : 1-3 dan Q.S Al-Anbiya’/21 : 1-2

Tes Lisan




Tes Perbuatan


Tes Lisan






Tes Lisan




Tes Lisan/ Tertulis



Tes Lisan/ Tertulis
Daftar Pertanyaan




Praktek


Daftar Pertanyaan





Daftar Pertanyaan



Daftar Pertanyaan



Daftar Pertanyaan Lafazkanlah hafalan Q.S al-Humazah/104 : 1-9 dan Q.S At-Taubah/9 : 35

Tulislah Q.S At-Taubah/9 : 35 dengan khat naskhi

Lafazkanlah bacaan Q.S Al-’Ashar : 1-3 dan Q.S Al-Anbiya’/21 : 1-2

Lafazkanlah huruf shafir Q.S Al-’Ashar : 1-3
Lafazkan huruf Qalqalah dan istithalah Q.S Al-Anbiya’ : 1-2

Artikanlah Q.S al-’Ashar/103 : 1-3 dan Q.S Al-Anbiya’/21 : 1-2

Jelaskanlah isi kandunagn Q.S al-’Ashar/103 : 1-3 dan Q.S Al-Anbiya’/21 : 1-2 2 Jam




2 Jam



2 Jam









2 Jam Al-Qur’an dan Terjemahnya

Pelajaran
Ilmu Tajwid

Buku Tafsir Al-Qur’an

Buku panduan
Menulis khat


Kompetensi Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tehnik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
1.4 Menghafal dan menulis khat naskhi Q.S Al-’Ashar/103 : 1-3



1.5 Membaca secara tartil ,mengartikan dan memahami isi ayat-ayat al-Qur’an tentang cinta harta (Q.S.At-Takatsur/102 :1-8 dan Q.s al-Munafiqun/63 :9 )










* Menghafal dan menulis khat naskhi Q.S al-’Ashar/103 : 1-3


*Membaca Q.S.At-Takatsur/102 :1-8 dan Q.s al-Munafiqun/63 : 9

*Mengartikan
Q.s.at-Takatsur/102 :1-8 dan Q.s al-Munafiqun/63 :9











*Siswa ditugaskan menghafal dan menulis Khat naskhi Q.S Al-’Ashar/103 : 1-3



* Salah seorang siswa membacakan Q.S.At-Takatsur/102 :1-8 dan Q.s al-Munafiqun/63 : 9
dengan murattal dan diikuti bersama-sama

*Mengidentifikasi tajwid yang terdapat pada Q.S.At-Takatsur:1-8 dan Q.S Al-Munafiqun : 9

*Siswa berlatih mengartikan Q.S at-Takatsur : 1-8 dan Q.S Al-Munafiqun : 9 secara mufradat dan mujmal

*Siswa mendiskusikan isi kandungan Q.S.At-Takatsur :1-8 dan Q.S Al-Munafiqun : 9 *Melafazkan hafalan Q.S Al-’Ashar : 1-3

*Menulis khat naskhi Q.S Al-’Ashar : 1-3


*Melafazkan bacaan Q.S.At-Takatsur:1-8 dan Q.S Al-Munafiqun : 9 dengan murattal sesuai tajwid


*Melafazkan mad wajib muttasil yang terdapat pada Q.S. Al-Munafiqun : 9

*Mengartikan kata mufradat dan mujmal Q.S.At-Takatsur :1-8 , Q.S Al-Munafiqun :9


*Menjelaskan akibat orang yang cinta harta sesuai kandungan Q.S.At-Takatsur :1-8 dan Q.S Al-Munafiq:9 Tes Lisan


Tes Perbuatan


Tes Lisan






Tes Lisan




Tes Lisan/ Tertulis




Tes Lisan/ Tertulis
Daftar Pertanyaan

Praktek



Daftar Pertanyaan





Daftar Pertanyaan



Daftar Pertanyaan




Daftar Pertanyaan Lafazkanlah hafalan Q.S Al-’Ashar/103 : 1-3

Tulislah Q.S Al-’Ashr : 1-3 dengan khat naskhi

Lafazkanlah bacaan Q.S.At-Takatsur :1-8 dan Q.S al-Munafiqun: 9 sesuai tajwid



Lafazkanlah mad wajib muttasil dalam Q.S Al-Munafiqun : 9


Artikanlah Q.S.At-Takatsur :1-8 dan Q.S Al-Munafiqun : 9 secara mufradat dan mujmal

Jelaskan akibat orang yang cinta harta sesuai kandungan Q.S.At-Takatsur:1-8 dan QS.Munafiqun : 9 2 Jam



2 Jam


2 Jam






2 Jam

Al-Qur’an dan Terjemahnya

Pelajaran
Ilmu Tajwid

Buku Tafsir Al-Qur’an

Buku panduan
Menulis khat



Kompetensi Dasar


Materi
Pembelajaran

Kegiatan
Pembelajaran

Indikator
Penilaian

Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tehnik Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.6Menghafal Q.S At- Takatsur/102: 1-8 dan menulis khat naskhi Q.S Al- Munafiqun /63 : 9


1.7 Membaca secara tartil, mengartikan dan memahami isi ayat a-Qur’an tentang orang yang berpaling dari al-Qur’an (Q.S Thaha/20 : 124-127) *Menghafal Q.S At-Takatsur: 1-8


*Menulis khat naskhi Q.S Al-Munafiqun : 9

*Membaca Q.S Thaha/20: 124-127






*Mengartikan Q.S Thaha /20: 124-127



Memahami Q.S Thaha /20: 124-127



*Siswa menghafal Q.s at-Takatsur/102: 1-8


*Siswa berlatih menulis Khat naskhi Q.S al-Munafiqun/63 : 9

* Salah seorang siswa membacakan Q.S.Thaha : 124-127 dengan murattal
dan diikuti bersama-sama

*Mengidentifikasi tajwid yang terdapat pada Q.S Thaha : 124-127

*Siswa berlatih mengartikan Q.S Thaha : 124-127 secara mufradat dan mujmal


*Siswa mendiskusikan isi kandungan Q.S Thaha : 124-127



*Mampu melafazkan hafalan Q.S At-Takatsur: 1-8

*Menulis khat naskhi Q.S al-Munafiqun/63 : 9

*Melafazkan bacaan Q.s.Thaha : 124-127 dengan murattal sesuai tajwid

*Melafazkan bacaan Izhar dan Ikhfa dengan benar

*Mampu mengartikan Q.S Thaha : 124-127
Secara mufradat dan mujmal


*Menjelaskan akibat orang yang berpaling dari Al-Qur’an seperti terkandung dalam Q.S Thaha : 124-127

Tes Lisan



Tes Perbuatan


Tes Lisan




Tes Lisan


Tes Lisan/ Tertulis





Tes Lisan/ Tertulis
Daftar Pertanyaan


Praktek



Daftar Pertanyaan



Daftar Pertanyaan


Daftar Pertanyaan




Daftar Pertanyaan Lafazkanlah hafalan Q.S At- Takatsur: 1-8


*Tulislah Q.S al-Munafiqun/63 : 9
dengan khat naskhi

*Lafazkanlah bacaan bacaan Q.s.Thaha : 124-127 dengan murattal sesuai tajwid

Lafazkanlah bacaan izhar dan ikhfa dalam Q.S Thaha : 124-127

*Artikan Q.S Thaha : 124-127 secara mufradat dan mujmal


*Jelaskanlah akibat orang yang berpaling dari Al-Qur’an seperti terkandung dalam Q.S Thaha : 124-127
2 Jam



2 Jam


2 Jam




2 Jam Al-Qur’an dan Terjemahnya

Pelajaran
Ilmu Tajwid

Buku Tafsir Al-Qur’an

Buku panduan
Menulis khat


Kompetensi Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tehnik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
1.8 Menghafal Q.S Thaha : 124-127 dan menulis naskhi Q.S Thaha : 124-127


* Menghafal Q.S Thaha : 124-127


* Menulis Q.S Thaha : 124-127

*Siswa ditugaskan menghafal Q.S Thaha : 124-127


* Siswa berlatih menulis khat naskhi Q.S Thaha : 124-127 * Melafazkan hafalan Q.S Thaha : 124-127



*Menulis khat naskhi Q.S Thaha : 124-127
Tes Lisan




Tes Perbuatan Daftar
Pertanyaan



Praktek *Lafazkanlan hafalan Q.S Thaha : 124-127



*Tulislah Q.S Thaha : 124-127 dengan khat nasklhi

2 Jam



2 Jam Al-Qur’an
dan terjemahnya


Buku panduan
Menulis khat
Mengetahui :
Kepala SMA N 1 Gunung Talang.

Drs. ASRIJAL, MM
Nip. 19620216 198602 1 001

Cupak, 2011
Guru Mata Pelajaran

1. Drs. ALI IMRAN ...................................
2. Dra. Hj. DARNIS ....................................
3. NOFRIZA, S.Pd.I ...................................




SILABUS
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Gunung Talang
Mata Pelajaran : Pendidikan Al-Qur’an ( PAQ )
Kelas / Semester : XI /2
Standar Kompetensi : Mengklasifikasikankan ayat-ayat al-Qur’an yang berhubungan dengan ibadah dan akhlaq

Kompetensi Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tehnik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
2.1 Membaca setartil , mengartikan dan memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang timbangan amal (Q.S Al-Qari’ah/101 : 1-11 dan Q.S Al-Infithar/82 : 10-15)




*Membaca Q.S al-Qari’ah/101 : 1-11 dan Q.S al-Infithar/82 : 10-15




*Mengartikan Q.S Al-Qari’ah/101 : 1-11 dan Q.S Al-Infithar/82 : 10-15
*Salah seorang siswa membacakan Q.S al-Qari’ah : 1-11 dan Q.S al-Infithar: 10-15 dengan murattal dan dikuti bersama-sama
*Mengidentifikasi tajwid yang terdapat dalam Q.S Al-Qari’ah : 1-11 dan Q.S Al-Infithar : 10-15



*Siswa berlatih mengartikan Q.S Al-Qari’ah/101 : 1-11 dan Q.S Al-Infithar/82 : 10-15
Secara mufradat dan mujmal
*Melafazkan Q.S Al-Qari’ah/101 : 1-11 dan Q.S Al-Infithar/82 : 10-15 dengan murattal sesuai dengan tajwidnya


*Melafazkan huruf Tafasysyi ,Istithalah pada Q.S Al-Qari’ah : 1-11 dan Q.S Al-Infithar : 10-15

* Mengartikan Q.S Al-Qari’ah: 1-11 dan Q.S Al-Infithar: 10-15 secara mufradat dan mujmal

*Menjelaskan isi kandungan Q.S Al-Qari’ah: 1-11 dan QS Al-Infithar:10-15 Tes Lisan



Tes LIsan




Tes Lisan/ Tertulis



Tes Lisan/ Tertulis
Daftar Pertanyaan




Daftar Pertanyaan


Daftar Pertanyaan Lafazkanlah bacaan Q.S Al-Qari’ah/101 : 1-11 dan Q.S al-Infithar/82 : 10-15 sesuai dengan tajwid

Lafazkanlah huruf Tafasysyi ,Istithalah dengan benar

Artikanlah Q.S Al-Qari’ah : 1-11 dan Q.S Al-Infithar : 10-15 secara mufradat dan mujmal
Jelaskan isi kandungan Q.S Al-Qari’ah : 1-11 dan
Q.S Al-Infithar : 10-15 2 Jam






2 Jam Al-Qur’an dan Terjemahnya

Pelajaran
Ilmu Tajwid

Buku Tafsir Al-Qur’an

Buku panduan
Menulis khat


Kompetensi Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tehnik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
2.2 Menghafal Q.S Al-Qari’ah : 1-11 dan menulis khat naskhi Q.S Al-Infithar : 10-15

2.3 Membaca secara tartil , mengartikan dan memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang akhlak mazmumah (Q.S al-‘Adiyat/100 : 1-11 dan Ali-Imran/3 : 180)



* Menghafal Q.S Al-Qari’ah : 1-11
*Menulis khat naskhi Q.S Al-Infithar : 10-15
*Membaca Q.S al-‘Adiyat/100 : 1-11 dan Ali-Imran/3 : 180




*Mengartikan Q.S Al-‘Adiyat/100 : 1-11 dan Ali-Imran/3 : 180 *Siswa ditugaskan menghafal Q.S Al-Qari’ah : 1-11
*Siswa berlatih menulis khat naskhi Q.SAl-Infithar : 10-15
*Salah seorang siswa membacakan Q.S al-‘Adiyat/100 : 1-11 dan Ali-Imran/3 : 180 dengan murattal dan diikuti bersama-sama

*Mengidentifikasi tajwid yang terdapat dalam Q.S al-‘Adiyat/100 : 1-11 dan Ali-Imran/3 : 180
*Siswa berlatih mengartikan Q.S al-‘Adiyat/100 : 1-11 dan Ali-Imran/3 “: 180 *Melafazkan hafalan Q.S Al-Qari’ah : 1-11

*Menulis Q.S Al-Infithar : 10-15 dengan khat naskhi
*Melafazkan bacaan Q.S al-‘Adiyat/100 : 1-11 dan Ali-Imran/3 : 180 dengan murattal sesuai tajwidnya
*Melafazkan mad Iwadh yang terdapat pada Q.S Al-‘Adiyat : 1-11
Mengartikan Q.S Al-‘Adiyat : 1-11 dan Ali-Imran : 180 secara mufradat dan mujmal
Menjelaskan isi kandungan Q.S al-‘Adiyat: 1-11 dan Ali-Imran : 180 Tes Lisan


Tes Perbuatan

Tes Lisan




Tes Lisan




Tes Lisan/ Tertulis




Tes Lisan/ Tertulis Daftar Pertanyaan

Praktek



Daftar Pertanyaan




Daftar Pertanyaan




Daftar Pertanyaan




Daftar Pertanyaan Lafazkanlah hafalan Q.S Al-Qari’ah : 1-11

Tulislah Q.S Al-Infithar : 10-15 dengan khat naskhi
Lafazkanlah bacaan Q.S Al-‘Adiyat/100 : 1-11 dan Ali-Imran/3 “: 180 dengan murattal sesuai tajwidnya
Lafazkanlah bacaan mad iwadh dalam Q.S Al’Adiyat : 1-11

Artikanlah Q.S Al-‘Adiyat : 1-11 dan Ali-Imran : 180 secara mufradat dan mujmal

Jelaskanlah isi kandungan Q.S Al-‘Adiyat : 1-11 dan Q.S Ali-Imran : 180 2 Jam


2 Jam

2 Jam



2 Jam Al-Qur’an dan Terjemahnya

Pelajaran
Ilmu Tajwid

Buku Tafsir Al-Qur’an

Buku panduan
Menulis khat








Kompetensi Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tehnik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
2.4 Menghindari akhlak mazmumah dalam kehidupan sehari-hari

2.5 Menghafal Q.S Al-‘Adiyat : 1-11 dan menulis khat naskhi Q.S Ali-Imran : 180

2.6 Membaca secara tartil, mengartikan dan memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang akhlak mahmudah (Q.S Al-Bayyinah/98 : 1-8 dan Q.s Al-Hijr/15 : 39-40) *Pengertian ,
Contoh dan bahaya Akhlak Mazmumah


*Menghafal Q.S Al-‘Adiyat : 1-11 *Menulis khat naskhi Q.S Ali-Imran : 180


*Membaca Q.S Al-Bayyinah/98 : 1-8 dan Q.S Al-Hijr/15 : 39-40


*Mendiskusikan pengertian, contoh-contoh dan bahaya akhlakul mazmumah


*Siswa menghafal Q.S Al-‘Adiyat : 1-11
*Siswa berlatih menulis Khat Naskhi Q.S Ali –Imran : 180

*Salah seorang siswa membacakan Q.S al-Bayyinah : 1-8 dan Q.s al-Hijr : 39-40 dengan murattal dan diikuti secara bersama-sama

*Mengidentifikasi tajwid yang terdapat dalam Q.S al-Bayyinah/98 : 1-8 dan Q.s al-Hijr/15 : 39-40
*Menyebutkan pengertian ,contoh
akhlak mazmumah

*Menjelaskan bahaya akhlakul mazmumah


Melafazkan hafalan Q.S Al-‘adiyat : 1-11

Mampu menulis khat naskhi Q.S Ali –Imran : 180

*Melafazkan bacaan nun mati dan mim mati pada Q.S Al-Bayyinah: 1-8 dan Q.s Al-Hijr : 39 -40 dengan murattal

*Menyebutkan arti Q.S al-Bayyinah : 1-8 dan Q.s al-Hij : 39-40 secara mufradat dan mujmal Tes Lisan/ Tertulis


Tes Lisan/ Tertulis



Tes Lisan


Tes Perbuatan



Tes Lisan






Tes Lisan/ Tertulis
Daftar Pertanyaan

Daftar Pertanyaan

Daftar Pertanyaan
Praktek



Daftar Pertanyaan






Daftar Pertanyaan Sebutkan pengertian dan contoh akhlak mazmumah
Jelaskanlah bahaya akhlakul mazmumah



Lafazkanlah hafalan Q.S Al-‘adiyat : 1-11

Tulislah Q.S Ali –Imran : 180 dengankhat naskhi

Lafazkanlah bacaan nun mati yang terdapat pada Q.S Al-Bayyinah: 1-8 dan Q.S Al-Hijr : 39-40


*Artikanlah Q.S Al-Bayyinah: 1-8 dan Q.S Al-Hijr : 39-40 secara mufradat dan mujmal 2 Jam




2 Jam

2 Jam




2 Jam



2 Jam











Buku panduan
Menulis khat



Al-Qur’an
dan terjemahnya




Kompetensi Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tehnik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
2.7 Mempraktekan akhlak mahmudah dalam kehidupan sehari-hari
2.8 Menghafal Q.S al-Bayyinah : 1-8 dan menulis khat naskhi Q.S al-Hijr : 39-40

2.9 Membaca secara tartil, mengartikan dan memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang usaha manusia (Q.S Al-Lail/92 : 1-15


Pengertian dan contoh akhlak mahmudah


Menghafal Q.S Al-Bayyinah : 1-
8

* menulis khat naskhi Q.S Al-Hijr : 39-40
*Membaca Q.S Al-Lail/92 : 1-15


*Mengartikan Q.S Al-Lail/92 : 1-15
*Mendiskusikan pengertian, dan contoh Akhlak mahmudah



*Siswa ditugaskan menghafal Q.S al-Bayyinah : 1-8

*Siswa berlatih menulis khat naskhi Q.S al-Hijr : 39-40
*Salah seorang siswa membacakan Q.S Al-Lail/92 : 1-15 dengan murattal dan diikuti bersama-sama


*Berlatih mengartikan Q.S Al-Lail/92 : 1-15 secara mufradat dan mujmal

*Menyebutkan pengertian dan contoh akhlak mahmudah


*Melafazkan hafalan Q.S Al-Bayyinah : 1-8


*Menulis khat naskhi Q.S al-Hijr : 39-40

*Melafazkan bacaan Alif lam (huruf)Syam siyah , Qamariyah dan huruf shafir pada Lail/92 : 1-15 dengan
Benar

*Mengartikan secara mufradat dan mujmal Q.S Al-Lail/92 : 1-15

Tes Lisan/ Tertulis




Tes Lisan


Tes Perbuatan

Tes Lisan






Tes Lisan/ Tertulis


Daftar Pertanyaan



Daftar Pertanyaan

Praktek



Daftar Pertanyaan





Daftar Pertanyaan




Sebutkanlah pengertian dan contoh akhlak mahmudah


*Lafazkanlah hafalan Q.S al-Bayyinah : 1-8


*Tulislah Q.S al-Hijr : 39-40 dengan tulisan naskhi
*Lafazkanlah bacaan huruf Syamsiyah, Qamariyah dan shafir pada Q.S Al-Lail/92 : 1-15 dengan benar


Artikanlah Q.S Al-Lail : 1-15 secara mufradat dan mujmal
Menjelaskan isi kandungan Q.S Al-Lail/92 : 1-15
2 Jam


2 Jam


2 Jam


2 Jam Al-Qur’an dan Terjemahnya

Pelajaran
Ilmu Tajwid

Buku Tafsir Al-Qur’an

Buku panduan
Menulis khat






Kompetensi Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran

Indikator Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar

Tehnik Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
2.10. Menghafal Q.S Al-Lail /92 : 1-15 dan menulis khat naskhi Q.S al-Lail/92 : 1-10

*Menghafal Q.S al-Lail/92 : 1-10

*Menulis khat naskhi Q.S Al-Lail/92 : 1-10 *Siswa ditugaskan menghafal Q.S Al-Lail/92 : 1-10

*Siswa berlatih menulis khat naskhi Q.S al-Lail/92 : 1-10 *Melafazkan hafalan Q.S Al-Lail/92 : 1-10

*Menulis khat naskhi Q.S Al-Lail/92 : 1-10 Tes Lisan


Tes Perbuatan
Daftar Pertanyaan


Praktek *Lafazkanlah hafalan Q.S Al-Lail/92 : 1-10 dengan murattal

*Tulislah Q.S Al-Lail/92 : 1-10 2 Jam


2 Jam Al-Qur’an
dan terjemahnya


Buku panduan
Menulis khat


Mengetahui :
Kepala SMA N 1 Gunung Talang.

Drs. ASRIJAL, MM
Nip. 19620216 198602 1 001

Cupak, 2011
Guru Mata Pelajaran

1. Drs. ALI IMRAN ...................................
2. Dra. Hj. DARNIS ....................................
3. NOFRIZA, S.Pd.I ...................................





SILABUS
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Gunung Talang
Mata Pelajaran : Pendidikan Al-Qur’an
Kelas / Semester : XII /1
Standar Kompetensi : Mengklasifikasikankan ayat-ayat al-Qur’an yang berhubungn dengan aqidah ibadah dan akhlaq

Kompetensi Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran

Indikator Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tehnik Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.1 Membaca secara tartil, mengartikan dan memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang sifat orang kafir (Q.S Al-Kafirun/109 : 1-6 dan Q.S Az-Zumar/39 : 71-72




*Membaca Q.S Al-Kafirun/109 : 1-6 dan Q.S Az-Zumar/39 : 71-72




*Mengartikan Q.S Al-Kafirun/109 : 1-6 dan Q.S Az-Zumar/39 : 71-72 *Salah seorang siswa membacakan Q.S Al-Kafirun/109 : 1-6 dan Q.S Az-Zumar/39 : 71-72 dengan murattal dan diikuti bersama-sama
*Mengidentifikasi tajwid yang terdapat dalam Q.S Al-Kafirun/109 : 1-6 dan Q.S Az-Zumar/39 : 71-72

*Siswa berlatih mengartikan Q.S al-Kafirun/109 : 1-6 dan Q.S Az-Zumar/39 : 71-72 secara mufradat dan mujmal *Melafazkan bacaan Q.S Al-Kafirun/109 : 1-6 dan Q.S Az-Zumar/39 : 71-72 dengan murattal sesuai dengan tajwid
Melafazkan bacaan nun mati atau tanwin dalam Q.S Al-Kafirun: 1-6 dan Q.S Az-Zumar : 71-72
*Mengartikan secara mufradat dan mujmal Q.S Al-Kafirun/109 : 1-6 dan Q.S Az-Zumar/39 : 71-72 Tes Lisan




Tes Lisan





Tes Lisan/ Tertulis
Daftar Pertanyaan



Daftar Pertanyaan


Daftar Pertanyaan *Lafazkanlah bacaan Q.S Al-Kafirun/109 : 1-6 dan Q.S Az-Zumar/39 : 71-72 dengan murattal sesuai dengan tajwid
* Lafazkanlah bacaan mad jaiz munfasil dalam Q.S Al-Kafirun/109 : 1-6

*Artikanlah Q.S Al-Kafirun/109 : 1-6 dan Q.S Az-Zumar/39 : 71-72 secara mufradat dan mujmal 2 Jam








2 Jam Al-Qur’an dan Terjemahnya

Pelajaran
Ilmu Tajwid

Buku Tafsir Al-Qur’an

Buku panduan
Menulis khat


Kompetensi Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran

Indikator Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tehnik Bentuk Instrumen Bentuk Instrumen



1.2 Menghafal Q.S Al-Kafirun109 : 1-6 dan Q.S Az-Zumar/39 : 71-72
1.3 Membaca secara tartil, mengartikan dan memahami isi ayat-ayat al-Qur’an tentang melalaikan shalat ( Q.S Al-Ma’un/ 107 : 1-7 dan Q.S Al-Muddatsir/74 : 42-43





* Menghafal Q.s al-Kafirun109 : 1-6 dan Q.S az-Zumar/39 : 71-72

*Membaca Q.S Al-Ma’un/107 : 1-7 dan Q.S Al-Muddatsir/74 : 42-43


*Mengartikan Q.S Al-Ma’un/107 : 1-7 dan Q.S Al-Muddatsir/74 : 42-43
*Mendiskusikan isi kandungan Q.s al-Kafirun/109 : 1-6 dan Q.S az-Zumar/39 : 71-72
*Siswa ditugaskan menghafal Q.s al-Kafirun109 : 1-6 dan Q.S az-Zumar/39 : 71-72

*Salah seorang siswa membacakan Q.S Al-Ma’un/107 : 1-7 dan Q.S Al-Muddatsir/74 : 42-43 dengan murattal dan diikuti bersama-sama

*Siswa berlatih mengartikan Q.S Al-Ma’un/107 : 1-7 dan Q.S Al-Muddatsir/74 : 42-43
Secara mufrat dan mujmal *Menjelaskan sikap seorang muslim terhadap orang kafir dalam masalah aqidah

*Melafazkan hafalan Q.s al-Kafirun109 : 1-6 dan Q.S az-Zumar/39 : 71-72



Melafazkan sifat-sifat huruf dan tanda tasydid yang terdapat dalam Q.s Al-Ma’un : 1-7 dan Q.S Al-Muddatsir : 42-43
*Mengartikan Q.S Al-Ma’un/107 : 1-7 dan Q.S Al-Muddatsir/74 : 42-43
Secara mufradat dan mujmal
Tes Lisan/ Tertulis




Tes Lisan






Tes Lisan








Tes Lisan/ Tertulis
Daftar Pertanyaan




Daftar Pertanyaan





Daftar Pertanyaan







Daftar Pertanyaan *Jelaskan sikap muslim terhadap orang kafir dalam masalah toleransi aqidah

*Lafazkanlah hafalan Q.s al-Kafirun109 : 1-6 dan Q.S az-Zumar/39 : 71-72



*Lafazkanlah sifat huruf istithalah dan shafir dalam dalam Q.S Al-Ma’un/107 : 1-7 dan Q.S Al-Muddatsir/74 : 42-43



Artikanlah mufradat Q.S Al-Ma’un : 1-7
Artikan Secara mujmal
Q.S Al-Muddatsir/74 : 42-43






2 Jam






2 Jam








2 Jam Al-Qur’an dan Terjemahnya

Pelajaran
Ilmu Tajwid

Buku Tafsir Al-Qur’an

Buku panduan
Menulis khat








Kompetensi Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran

Indikator Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tehnik Bentuk Instrumen Bentuk Instrumen
1.4 Menghafal Q.S Al-Ma’un/107 :1-7 dan menulis khat naskhi Q.S Al-Mudadatsir/ : 42-43


1.5 Membaca secara tarti, mengartikan dan memahami isi ayat-ayat al-Qur’an tentang beribadah kepada Allah ( Q.S Quraiay/106 : 1-4 dan Q.S Al-Baqarah/2 : 21


* Menghafal Q.S Al-Ma’un/107 :1-7

*Menulis khat naskhi Q.S Al-Mudadatsir/ : 42-43

*Membaca Q.S Quraiay/106 : 1-4 dan Q.s al-Baqarah/2 : 21




*Mengartikan dan memahami Q.S Quraiay : 1-4 dan Q.S Al-Baqarah/2 : 21 *Siswa ditugaskan menghafal Q.S Al-Ma’un/107 :1-7


*Siswa berlatih menulis khat naskhi Q.S Al-Mudadatsir/ : 42-43


*Salah seorang siswa membacakan Q.S Q.S Quraiay/106 : 1-4 dan Q.s al-Baqarah/2 : 21 dengan murattal dan dikuti bersama-sama

*Mengidentifikasi tajwid yang terdapat dalam Q.S Quraiay/106 : 1-4 dan Q.s al-Baqarah/2 : 21

*Siswa berlatih mengartikan Q.S Quraiay/106 : 1-4 dan Q.s al-Baqarah/2 : 21 secara mufrat dan mujmal
*Melafazkan hafalan Q.S Al-Ma’un : 1-7



*Menulis khat naskhi Q.S Al-Mudadatsir/ : 42-43


Melafazkan mad Lain dan ‘Aridh lissukun yang terdapat pada Q.S Quraisy/106 : 1-4 dan Q.S Al-Baqarah/2 : 21







*Mengartikan secara mufradat dan mujmal Q.S Quraiay : 1-4 dan Q.S Al-Baqarah/2 : 21

Tes Lisan




Tes Perbuatan





Tes Lisan










Tes Lisan/ Tertulis




Daftar Pertanyaan



Daftar
Pertanyaan





Daftar Pertanyaan










Daftar Pertanyaan



*Lafazkanlah hafalan Q.s al-Ma’un/107 :1-7 secara murattal sesuai tajwid

*Tulislah dengan khat naskhi





*Lafazkanlah bacaan mad Lain dan ‘Aridh Lissukun dalam Q.S Quraisy: 1-4 dan Q.S Al-Baqarah/2 : 21







*Artikanlah .QS Quraiay/106 : 1-4 dan Q.S Al-Baqarah/2 : 21
Secara mufradat dan mujmal

2 jam




2 Jam





2 Jam










2 Jam Al-Qur’an dan Terjemahnya

Pelajaran
Ilmu Tajwid

Buku Tafsir Al-Qur’an

Buku panduan
Menulis khat






Kompetensi Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran

Indikator Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tehnik Bentuk Instrumen Bentuk Instrumen




1.6 Menghafal Q.S Quraisy/106 : 1-4 dan Q.s al-Baqarah/2 : 21 dan menulis khat naskhi Q.S Quraisy : 1-4

1.7 Membaca secara tartil, mengartikan dan memahami isi ayat-ayat al-Qur’an tentang bahaya dusta dan sombong ( Q.S Al-Fiil/: 1-5 dan Al-A’raf : 40-41 *Memahami Q.S Quraisy/106 : 1-4 dan Q.s al-Baqarah/2 : 21



* Menghafal Q.S Quraisy ; 1-4 dan Q.S Al-Baqarah/2 : 21

*Menulis khat naskhi Q.S Quraisy : 1-4
*Membaca Q.S Al-Fiil/: 1-5 dan Al-A’raf : 40-41






*Siswa mendiskusikan isi kandungan Q.S Quraisy : 1-4 dan Q.s al-Baqarah : 21 dan menyimpulkannya secara teratur
*siswa ditugaskan menghafal Q.S Quraisy/106 : 1-4 dan Q.s al-Baqarah/2 : 21
*Siswa berlatih menulis khat naskhi Q.s Quraisy : 1-4
*Salah seorang siswa membacakan Q.S Al-Fil/: 1-5 dan Al-A’raf : 40-41 dengan murattal dan diikuti bersama-sama
*Mengidentifikasi tajwid yang terdapat dalam Q.S Al-Fiil/: 1-5 dan Al-A’raf : 40-41 *Menjelaskan isi kandungan Q.S Quraisy/106 : 1-4 dan Q.s al-Baqarah/2 : 21


*Melafazkan hafalan Q.S Quraisy/106 : 1-4 dan Q.s al-Baqarah/2 : 21 dengan murattal sesuai tajwid

*Menulis khat naskhi Q.s Quraisy : 1-4


*Melafazkan bacaan Q.S Al-Fiil/: 1-5 dan Al-A’raf : 40-41 dengan murattal sesuai tajwidnya
*Mampu melafazkan sifat-sifat huruf shafir dan Tafasysyi dengan benar
Tes Lisan/ Tertulis



Tes Lisan



Tes Perbuatan

Tes Lisan





Tes Lisan Daftar Pertanyaan



Daftar Pertanyaan




Daftar Pertanyaan


Daftar Pertanyaan




Daftar Pertanyaan * Jelaskanlah isi kandungan Q.S Quraisy/106 : 1-4 dan Q.s al-Baqarah/2 : 21

*Lafazkanlah hafalan Quraisy/106 : 1-4 dan Q.s al-Baqarah/2 : 21 dengan murattal

*Tulislah Q.S Quraisy : 1-4 dengan khat naskhi
*Lafazkanlah bacaan bacaan Q.S Al-Fiil/: 1-5 dan Al-A’raf : 40-41 dengan murattal sesuai tajwidnya
*Lafazkanlah sifat huruf shafir dan tafasysyi dalam Q.S Al-Fiil/: 1-5 dan Al-A’raf : 40-41



2 Jam


2 Jam

2 Jam Al-Qur’an dan Terjemahnya

Pelajaran
Ilmu Tajwid

Buku Tafsir Al-Qur’an

Buku panduan
Menulis khat



Kompetensi Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran

Indikator Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tehnik Bentuk Instrumen Bentuk Instrumen







1.8 Menghafal Q.S Al-Fiil : 1-5 dan Q.S Al-A’raf : : 40-41 dan menulis khat naskhi Q.S Al-A’raf : 40-41

*Mengartikan Q.S Al-Fiil/: 1-5 dan Al-A’raf : 40-41





* Menghafal Q.S Al-Fil : 1-5



*Menulis khat naskhi Q.S Al-A’raf : 40-41



*Siswa berlatih mengartikan Q.S Al-Fiil/: 1-5 dan Al-A’raf : 40-41 secara mufradat dan mujmal

*Mendiskusikan isi kandungan Q.S Al-Fiil/: 1-5 dan Al-A’raf : 40-41



*Siswa ditugaskan menghafal Q.S Al-Fil : 1-5

*Siswa berlatih menulis khat naskhi Q.S Al-A’raf : 40-41



*Mengartikan secara mufrdat dan mujmal Q.S Al-Fiil/: 1-5 dan Al-A’raf : 40-41

*Menjelaskan isi kandungan Q.S Al-Fiil/: 1-5 dan Al-A’raf : 40-41


*Melafazkan hafalan Q.S al-Fil : 1-5 dengan murattal sesuai tajwid

*Menulis khat naskhi Q.S Sl-A’raf : 40-41



Tes Lisan/ Tertulis




Tes Lisan/ Tertulis






Tes Lisan




Tes Lisan Daftar Pertanyaan


Daftar Pertanyaan



Daftar Pertanyaan

Daftar Pertanyaan
*Sebutkanlah arti mufradat Q.S Al-Fiil/: 1-5 dan Al-A’raf : 40-41

*Jelaskanlah isi kandungan Q.S Al-Fiil/: 1-5 dan Al-A’raf : 40-41


*Lafazkanlah hafalan Q.S al-Fil : 1-5 dengan murattal sesuai tajwid


*Tulislah Q.S Al-A’raf : 40-41 dengan khat naskhi

2 Jam







2 Jam




2 Jam Al-Qur’an dan Terjemahnya

Pelajaran
Ilmu Tajwid

Buku Tafsir Al-Qur’an

Buku panduan
Menulis khat


Kompetensi Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran

Indikator Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tehnik Bentuk Instrumen Bentuk Instrumen
1.9 Membaca secara tartil , mengartikan dan memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang anjuran berzikir dan fadhikahnya ( Q.S Al-A’la/87 : 1-19 dan Al-Ahzab/33 : 41-42)





1.10 Mempraktekan dzikir dalam kehidupan sehari-hari *Membaca Q.S Al-A’la/87 : 1-19 dan Al-Ahzab/33 : 41-42









*Mengartikan Q.S Al-A’la/87 : 1-19 dan Al-Ahzab/33 : 41-42






*Praktek dzikir

*Salah seorang siswa membacakan Q.S Al-A’la/87 : 1-19 dan Al-Ahzab/33 : 41-42 dengan murattal dan dikuti bersama-sama
*Mengidentifikasi tajwid yang terdapat dalam QS.Al-A’la/87 : 1-19 dan Al-Ahzab/33 : 41-42


*Siswa berlatih mengartikan Q.S Al-A’la/87 : 1-19 dan Al-Ahzab/33 : 41-42



*Mendiskusikan isi kandungan Q.S Al-A’la/87 : 1-19 dan Al-Ahzab/33 : 41-42

*Siswa berlatih membaca dzikir Sesudah shalat beserta artinya
*Melafazkan bacaan QS.Al-A’la/87 : 1-19 dan Al-Ahzab/33 : 41-42 dengan murattal


*Melafazkan bacaan nun mati atau tanwin dengan benar



Mengartikan Q.S Al-A’la/87 : 1-19 dan Al-Ahzab/33 : 41-42
Secara mufradat dan mujmal


*Menjelaskan isi kandungan Q.S Al-A’la/87 : 1-19 dan al-Ahzab/33 : 41-42

*Melafazkan bacaan dzikir dengan benar
Tes Lisan






Tes Lisan





Tes Lisan/ Tertulis





Tes Lisan/ Tertulis



Tes Lisan Daftar Pertanyaan



Daftar Pertanyaan



Daftar Pertanyaan



Daftar Pertanyaan



Praktek *Lafazkanlah bacaan QS.al-A’la/87 : 1-19 dan al-Ahzab/33 : 41-42 dengan murattal




*Lafazkanlah bacaan tanwin yang terdapat dalam QS.al-A’la/87 : 1-19 dan al-Ahzab/33 : 41-42 dengan benar

*Artikanlah Q.S Al-A’la/87 : 1-19 dan Al-Ahzab/33 : 41-42
Secara mufradat dan mujmal


* Jelaskanlah isi kandungan Q.S Al-A’la/87 : 1-19 dan Al-Ahzab/33 : 41-42

*Lafazkan bacaan dzikir sesudah shalat
beserta artinya 2 Jam



2 Jam


2 Jam





2 Jam Al-Qur’an dan Terjemahnya

Pelajaran
Ilmu Tajwid

Buku Tafsir Al-Qur’an

Buku panduan
Menulis khat


Kompetensi Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran

Indikator Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tehnik Bentuk Instrumen Bentuk Instrumen
1.11 Menghafal Q.S Al-A’la : 1-19 dan menulis Q.S Al-Ahzab : 41-42



1.12 Membaca secara tartil, mengartikan dan memahami isi ayat-ayat al-Qur’an tentang pemeliharaan diri ( Q.S At-Thariq/86 : 1-17 dan Q.S Al-Infithar : 10


* Menghafal Q.s al-A’la : 1-19



*Menulis Q.S Al-Ahzab : 41-42

*Membaca Q.S At-Thariq/86 : 1-17 dan Q.S Al-Infithar : 10




*Mengartikan Q.S At-Thariq : 1-17 dan Q.S Al-Infithar : 10 *Siswa ditugaskan menghafal Q.S Al-A’la : 1-19



*Siswa berlatih menulis khat naskhi Q.S Al-Ahzab : 41-42

*salah seorang siswa membacakan Q.S At-Thariq/86 : 1-17 dan Q.S Al-Infithar : 10 dengan murattal dan dikuti bersama-sama
*Mengidentifikasi tajwid yang terdapat dalam Q.s at-Thariq/86 : 1-17 dan Q.S al-Infithar : 10
* Siswa berlatih mengartikan Q.S At-Thariq/86 : 1-17 dan Q.S Al-Infithar : 10 *Melafazkan hafalan Q.S Al-A’la : 1-19 dengan murattal sesuia tajwinya


*Menulis khat naskhi naskhi Q.S Al-Ahzab : 41-42

*Melafazkan bacaan Q.S At-Thariq/86 : 1-17 dan Q.S Al-Infithar : 10 dengan murattal sesuai dengan tajwidnya
*Melafazkan bacaan ikhfa dengan benar

*Mengartikan Q.S At-Thariq/86 : 1-17 dan Q.S Al-Infithar : 10 secara mufradat dan mujmal Tes Lisan





Tes Perbuatan



Tes Lisan







Tes Lisan




Tes Lisan/ Tertulis
Daftar Pertanyaan




Praktek




Daftar Pertanyaan






Daftar Pertanyaan



Daftar Pertanyaan *Lafazkanlah hafalan Q.S Al-A’la : 1-19 dengan murattal sesuai tajwidnya


* Tulislah Q.S Al-Ahzab : 41-42 dengan khat naskhi

*Lafazkan bacaan Q.S At-Thariq/86 : 1-17 dan Q.S al-Infithar : 10
dengan murattal sesuai dengan tajwid



*Lafazkanlah bacaan ikhfa yang terdapat dalam Q.S at-Thariq : 1-17

*Artikanlah Q.S At-Thariq/86 : 1-17 dan Q.S al-Infithar : 10
Secara mufradat dan mujmal 2 Jam





2 Jam




2 Jam













2 Jam Al-Qur’an dan Terjemahnya

Pelajaran
Ilmu Tajwid

Buku Tafsir Al-Qur’an

Buku panduan
Menulis khat


Kompetensi Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran

Indikator Penilaian

Alokasi Waktu
Tehnik Bentuk Instrumen Bentuk Instrumen



1.13 Menghafal Q.s At-Thariq/86 : 1-17 dan menulis khat naskhi Q.S Al-Infithar : 10
*Memahami Q.S At-Thariq/86 : 1-17 dan Q.S Al-Infithar : 10
*Menghafal Q.S At-Thariq/86 : 1-17










*Menulis khat naskhi Q.S Al-Infithar : 10 *Mendiskusikan isi kandungan Q.s at-Thariq/86 : 1-17 dan Q.S al-Infithar : 10

*Siswa ditugaskan menghafal Q.S At-Thariq/86 : 1-17










*siswa berlatih menulis khat naskhi Q.S al-Infithar : 10 Menjelaskan isi kandungan Q.S At-Thariq/86 : 1-17 dan Q.S Al-Infithar : 10

*Melafazkan bunyi hafalan Q.S At-Thariq/86 : 1-17


















*Menulis khat naskhi Q.S Al-Infithar : 10
Tes Lisan/ Tertulis



Tes Lisan




















Tes Perbuatan
Daftar Pertanyaan


Daftar Pertanyaan

















Praktek *Jelaskanlah isi kandungan Q.S At-Thariq/86 : 1-17 dan Q.S Al-Infithar : 10

*Lafazkanlah hafalan Q.S At-Thariq/86 : 1-17










Tulislah Q.S Al-Infithar : 10 dengan khat naskhi



2 Jam



















2 Jam Al-Qur’an dan Terjemahnya

Pelajaran
Ilmu Tajwid

Buku Tafsir Al-Qur’an

Buku panduan
Menulis khat


Mengetahui :
Kepala SMA N 1 Gunung Talang.

Drs. ASRIJAL, MM
Nip. 19620216 198602 1 001

Cupak, 2011
Guru Mata Pelajaran

1. Drs. ALI IMRAN ...................................
2. Dra. Hj. DARNIS ....................................
3. NOFRIZA, S.Pd.I ...................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar